Keindahan Wisata Rolak Songo Di Mojokerto

0 234

Wisata Rolak Songo

Rolak Songo adalah salah satu obyek wisata buatan yang berada di Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Perjalanan dari Mojosari dapat ditempuh melalui jalan Mojosari-Krian sekitar 2 jam perjalanan. Obyek wisata ini berupa check dam atau bendungan pengontrol ketinggian air yang juga menjadi pemisah antara Kali Brantas dan Kali Porong.

Tempat kontrol ketinggian air yang berupa menara berjumlah sembilan (songo dalam Bahasa Jawa) dijadikan asal usul nama bendungan ini, sedangkan ‘rolak’ yang diambil dari Bahasa Jawa berarti penahan air atau tangkis air.

Rolak Songo sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda sebagai waduk irigasi serta penahan banjir di daerah Surabaya dan Sidoarjo.  Bekas pintu air buatan Belanda saat ini sudah tidak dipakai, namun jika ingin melihatnya bisa mengunjungi Museum Rolak Songo yang ada di sekitar lokasi bendungan. Selain pemandangan riuh air yang keluar dari mulut dam, pengunjung.

 Rolak Songo dapat berenang di kolam renang umum Jasa Tirta yang lokasinya tidak jauh dari bendungan. Kolam renang yang disediakan sangat representatif dengan sarana yang memadai.

Source http://salammojokerto.blogspot.co.id http://salammojokerto.blogspot.co.id/2014/04/rolak-songo-obyek-wisata-buatan-yang.html
Comments
Loading...