Keindahan Wisata Pemandian Umbulan Pasuruan

0 237

Pemandian Umbulan

Pemandian Umbulan ini  merupakan salah satu wisata pemandian yang terdapat di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Pasuruan, Jawa Timur. Di kota yang berjarak kurang lebih 70 km dari Surabaya inilah, mata terbesar di Jawa Timur ini bisa menjadi wisata alternatif bagi mereka yang berdana cekak. Kendati hanya mata air dengan debit air 5.000 liter, keindahan dan pesona Umbulan tak diragukan lagi. Airnya sedemikian jernih hingga dengan mata telanjang bisa disimak hingga ke dasar kolam.

Tak banyak yang tahu jika Umbulan yang letaknya tak jauh dari pemandian Banyu Biru Pasuruan itu memiliki pesona alamiah. Pengunjung hanya dikutip Rp 2.000 untuk parkir dan gratis masuk ke area Mata Air Umbulan. Kecuali hari Minggu, pengunjung baru dipungut tiket masuk Rp 5.000. Terdapat dua kolam dengan kedalaman satu hingga tiga meter yang memiliki air jernih karena air terus mengalir ke sungai. Bagi yang tidak bisa berenang di sini disediakan penyewaan ban dengan tarif Rp 4.000 untuk ban kecil dan Rp 8.000 untuk ukuran besar.

Ada pula air terjun kecil yang indah. Disarankan untuk membawa kamera waterprof, karena mata air Umbulan tak hanya menyajikan pemandangan sekitar yang alami. Melainkan juga pemandangan bawah air yang eksotis dengan bebatuan dan ikan-ikan kecil di dalamnya. Sungguh keindahan nan mewah. Tak heran banyak pengunjung yang berfoto di dalam air.

Untuk mencapai lokasi Pemandian Umbulan, aksesnya cukup mudah. Dari pusat kota Malang, anda bisa langsung menuju Kecamatan Dampit. Jika sudah sampai di Dampit, perjalanan ke pemandian tinggal sekitar 2 km lagi. Wisatawan bisa bertanya pada penduduk sekitar arah menuju lokasi pemandian. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan transportasi umum di sana.

Source http://surabaya.tribunnews.com http://surabaya.tribunnews.com/2016/10/13/wisata-murah-meriah-mewah-ya-umbulan
Comments
Loading...