Keindahan Wisata Pantai Sukamade di Banyuwangi

0 118

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade merupakan salah satu wisata pantai yang berada di Banyuwangi Taman Nasional Meru Betiri, Taman nasional (National Park) ini terkenal dengan sebutan surganya flora dan fauna sebagai mana taman baluran situbondo. Di Taman Nasional Meru Betiri ini terdapat sebuah pantai penangkaran penyu terkenal dengan sebutan Pantai Sukamade. Pantai Sukamade atau Pantai Penyu Sukamade tour adalah surganya penyu bertelur di Banyuwangi. Pantai Sukamade merupakan habitat tempat penyu-penyu raksasa yang mulai tergolong langka untuk bertelur. Di kawasan pantai ini terdapat juga penetasan semi alami untuk menetaskan telurtelur penyu yang telah dikumpulkan oleh petugas. Disini pengunjung dapat menyaksikan secara langsung penyu bertelur, melihat penangkaran penyu serta mengikuti kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.

Lokasi Pantai Sukamade

Pantai Sukamade ini brada di Dusun yang masih masuk wilayah Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini, letaknya searah dengan Pantai Rajekwesi dan Pantai Teluk Hijau. Jika Anda sudah sampai di Teluk Hijau dan memiliki waktu yang cukup, sayang jika tidak sekalian melanjutkan perjalanan ke Pantai Sukamade. Jaraknya hanya sekitar 15KM lagi. Walau jaraknya relatif dekat, tapi membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapainya, mengingat medan jalannya berbatu dan harus melewati sungai, sangat menjanjikan petualangan yang menantang adrenalin.

Rute Menuju Pantai Sukamade

Untuk akses atau rute bisa ditempuh dari arah Banyuwangi kota di timur (rute dari Situbondo) atau dari Jember di sebelah barat. Untuk rute atau akases jalan dari banyuwangi atau situbondo menuju sukamade adalah Sukamade – jajag – pesanggaran – sarongan – rajegwesi – sukamade tour. Untuk jalur Jember atau dari Surabaya adalah jember atau surabaya – jajag – pesanggaran – sarongan – rajegwesi – sukamade tour.

Kecamatan Jajag adalah titik transit, karena baik rute dari timur (Banyuwangi kota) maupun barat (Jember) akan bertemu di Jajag yang merupakan jalan utama menuju Sukamade (Taman Nasional Meru Betiri). Untuk Kendaraan / Transpoertasi di terminal Jajag yang menuju Pesanggaran/Sanggar hanya ada dari pukul 7 pagi sampai 4 sore. Dari terminal Sanggar ke Sarongan/Rajegwesi tersedia angkot dengan tarif kurang lebih IDR 10.000. Biasanya beberapa angkot hanya berhenti sampai pasar Sarongan, sebelum Rajegwesi. Rajegwesi sendiri adalah sebuah desa yang ada di Taman Nasional Meru Betiri, sekaligus menjadi pintu gerbang jika ingin memasuki Taman Nasional Meru Betiri.

Sepanjang perjalanan antara Rajegwesi-Sukamade Tour, anda akan merasakan pengalaman seru yang tidak akan terlupakan seumur hidup anda. Jalanan yang berkelok, menanjak bebukitan, batuan yang terjal dan tanah yang berlumpur yang sengaja dibiarkan alami. Untuk mencapai Pantai Sukamade mau tidak mau kendaraan harus melewati sungai dengan kedalaman 40 cm bahkan kadang bisa mencapai 1 meter. Tidak hanya satu sungai, tapi ada lima anak sungai yang harus dilalui. Tiga diantaranya merupakan sungai besar, dimana pada musim hujan airnya bisa setinggi mobil jeep. Tentu saja ini akan menjadi petulangan atau adventure yang sangat menantang selama perjalanan anda ke sukamade tour.

Source http://www.agentwisatabromo.com http://www.agentwisatabromo.com/pantai-sukamade-wisata-banyuwangi-jawa-timur.html
Comments
Loading...