Keindahan Wisata Pantai Parangkursi di Banyuwangi

0 134

Pantai Parangkursi

Pantai Parangkursi merupakan salah satu wisata pantai yang terletak di Dusun Ringinagung 56, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Jika dilihat dari peta Pantai Parangkursi letaknya berada sebalah timur pantai Pulau Merah dan di sebelah timur Pantai Lampon. Dinamakan Parangkursi karena di pantai ini terdapat formasi karang yang berbentuk kursi besar setinggi kira-kira 15-20 meter. Kursi tersebut konon dipercaya sebagai salah satu singgasananya Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul.

Akses Menuju Pantai Parangkursi

Untuk menuju kesini perlu perjuangan ekstra, awalnya cukup mudah. Dari kota Banyuwangi bisa menuju daerah Jajag melewati Banyuwangi – Rogojampi – Srono – Benculuk – Jajag. Sampai dipertigaan Jajag ikuti saja papan petunjuk jalan menuju Pantai Pulau Merah sampai kalian berada di perempatan Pasar Pesanggaran. Dari perempatan pasar Pesanggaran kalian tinggal mengikuti petunjuk arah ke pantai Lampon dan diperjalanan akan menemukan petunjuk arah menuju Pantai Parangkursi. Jalan yang tadinya aspal berubah menjadi jalan tanah dan sedikit berbatu. Ikuti papan petunjuk tersebut memasuki Dusun Ringinagung 56 sampai menemukan parkiran penitipan motor. Lama perjalanan dari Banyuwangi sampai Penitipan motor pantai Parang Kursi ditempuh dalam waktu 2 jam.

Daya Tarik Pantai Parangkursi

Dari parkiran motor ternyata masih sangat jauh, kami masih harus menempuh perjalanan menjelajahi Hutan Lindung Gunung Tumpang untuk sampai ke Pantai Parang Kursi. Ada 3 tipe hutan yang kami lalui disini, hutan rawa, hutan jati dan hutan rimba. Hutan rawa cukup sulit dilewati bahkan menggunakan motor trail. Jalan tanah cukup licin dan dimusim hujan, sungai kecilnya meluap membentuk genangan-genangan air yang susah untuk dilewati. Memasuki hutan jati jalan mulai menanjak dan masih cukup aman karena di hutan ini banyak aktifitas warga. Setelah melewati hutan jati kami memasuki hutan rimba dengan kanan kiri jalan setapak kami berupa pohon bambu dan semak-semak belukar yang tidak ketahui namanya.

Kami bertemu pengunjung yang nekat menggunakan motornya melintasi hutan tersebut dan apesnya motor yang mereka bawa mesinnya mati dan tidak mau hidup lagi. Setelah menjelajahi Hutan Gunung Tumpang  selama kurang lebih 1 jam sampailah kami di tepi Pantai Parang Kursi. Pantai Parang Kursi ini berpasir putih cukup halus dan beberapa tempat, pasirnya cukup dalam jika kita injak. Sepi hanya bertemu dengan beberapa warga setempat berlalu lalang membawa hasil panen hutan bukan kayu dari hutan lindung gunung tumpang. Di tengah laut terdapat pulau kecil yang juga terlihat jika kira berada di Pantai Pulaui Merah. Sebelah barat pantai terdapat formasi batuan karang yang cukup unik. Batu karang berwarna agak kemerahan sehingga menyebabkan pasir disekitar karang agak kemerahan. Hal tersebut kemungkinan terjadikarena abrasi batu karang karena ombak laut. Terbapat pula batuan karang yang cukup tinggi. Dari jauh mirip sekali dengan sebuah kursi singgasana.

Source http://www.catatannobi.com http://www.catatannobi.com/2016/03/menjelajahi-pantai-parang-kursi.html
Comments
Loading...