Keindahan Wisata Pantai Jelangkung di Malang Jawa Timur

0 145

Pantai Jelangkung

Pantai Jelangkung merupakan salah satu wisata pantai yang tergolong masih alami dan bersih. Kata Pantai Jelangkung sendiri mempunyai  dari kata Jolangkung artinya “ojo liwat” apabila di artikan ke bahasa Indonesia yaitu “Jangan Lewat”, sebab dahulu kala pantai ini memiliki geombang ombak yang sangat ganas sehingga meluap ke jalan, dan siapa yang melewati jalan itu akan terbawa ombak ke pantai ini.

Letak Pantai Jelangkung sendiri berada di selatan Pulau Jawa yang terkenal dengan gelombang ombak yang cukup ganas, tepatnya di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Panorama alam yang di miliki pantai ini cukup menakjubkan dan dapat terlihat jelas dari jalan raya, jalan yang di mana akses utama warga untuk beraktiftas setiap hari, bahkan jalan ini adalah Jalur Lintas Selatan yang menghubungkan beberapa kota di Pulau Jawa.

Akses Pantai Jelangkung

Jika anda dari Pantai Nganteb menuju Pantai Jelangkung anda harus melewati jalan yang agak rusak dengan penuh bebatuan. Dan juga banyak tanjakan yang cukup curam dengan kemiringan sekitar 70 derajat dan melewati hutan, meskipun jalannya agak sulit akan menjadi tantangan tersendiri bagi para travelers yang akan menjajal pantai ini.

Di Pantai Jelangkung memiliki gelombang ombak yang cukup tinggi yang menghantam batu-batu karang. Batu-batu karang tersebut memiliki ukuran sekitar 50 Cm yang memanjang sepanjang garis Pantai Jelangkung, dan ketika dilihat dari jauh seperti tampak seseorang yang sedang rebahan di pinggir pantai, yang membuat pantai ini sangat diminati dan menjadi daya magnet Pantai Jelangkung.

Keindahan Pantai Jelangkung

Di pantai ini anda bisa mendirikan tenda jika ingin menikmati suasana malam Pantai Jelangkung yang mempunyai lahan cukup luas. Tapi pada bulan-bulan tertentu sebab menginggat gelombang ombak pantai ini cukup besar jadi anda harus waspada, jika anda lapar ada juga warung yang menjual makanan ringan dan berat di area pantai ini tetapi tidak terlalu komplit hanya beberapa menu saja.

Untuk masuk di Pantai Jelangkung sendiri anda tidak di pungut biaya alias gratis. Entah memang tidak di kelola atau bagaimana namun pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa, dan memiliki pasir yang sangat putih dan bersih dan masih jarang sampah yang berserakan, pantai ini sering di jadikan tempat singgah untuk menikmati suasana sore hari di Pantai Jelangkung.

Rute Menuju Pantai Jelangkung

Untu menuju lokasi jika anda dari Kota Malang ikuti saja petunjuk arah ke Pantai Sendang Biru dimana anda akan lewat Gadang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sitiarjo. Dan setelah ketemu peritigaan Pantai Sendang Biru anda belok kanana ke arah barat, menuju Desa Gajahrejo dimana jalannya sudah bagus untuk di lewati sesampai di pertigaan Pantai Jelangkung anda akan di suguhkan pemandangan yang cukup indah. Dimana di sekeliling pantai di penuhi bukit yang memanjakan mata anda dan mampu menjatuhkan mata hati anda. Suasana yang sangat tenang dengan gelombang ombak yang cukup besar menambak ke-eksotisan Pantai Jelangkung sendiri.

Source http://malangtraveller.net http://malangtraveller.net/pantai-jelangkung-malang-selatan-yang-eksotis/
Comments
Loading...