Keindahan Wisata Jembatan Gladak di Lumajang

0 156

Jembatan Gladak

Jembatan Gladak memiliki pannjng sekitar 65 meter, oleh warga sekitar sering disebut Jembatan Gladak Perak. Dari atas jembatan tersebut anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat bagus dan juga indah sekali. Selain itu, disebelah barat terdapat jembatan lama dengan desain hampir sama dengan Jembatan Gladak Perak.

Jembatan bernuansa klasik ini dulunya dibuat oleh Belanda sekitar tahun 1920-an. Mungkin karena faktor usia dan tidak bisa menahan beban berat, dan akhirnya jembatan tersebut tidak bisa dipergunakan lagi untuk dilalui oleh kendaraan-kendaraan berat seperti truk dan lan-lannya. Namun ditahun 2001, jembatan tersebut dibangun lagi dengan menggunakan bahan dasar beton, sehingga sanggup menahan beban berat hingga sampai saat ini.

Lokasi Jembatan Gladak

Di tahun 1947 jembatan tersebut juga pernah diledakan oleh Zeni Pioner, tujuannya supaya Belanda menghentikan pasukan belanda ke daerah Pronojiwo. Selepas itu jembatan tersebut dibangun lagi dan diresmikan pada tahun 1950 oleh Kian Siang asal Lumajang. Jembatan ini dicat dengan menggunakan warna Silver/Perak, karena itulah warga sekitar menyebutnya dengan sebutan Gladak Perak.

Jembatan Gladak Perak terletak di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Menurut petunjuk arah yang dapat anda temukan didekat jembatan Gladak Perak, lokasi dari jembatan ini menuju Kec, Turen (Kabupaten Malang) berjarak 59 Km, sedangkan menuju Kec, Pasirian, Kabupaten Lumajang adalah 15 Km dan dari Kota Lumajang berjarak 34 Km.

Akses Jembatan Gladak

Akses untuk menuju Jembatan Gladak Perak bisa melalui rute dari Kota Malang menuju Lumajang sekitar 59 Km, dari Kota Malang -Bululawang – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Ampelgading – Pronojiwo. Jika anda melalui Kabupaten Lumajang, maka lakukan perjalanan ke selatan menuju Kecamatan Tempeh – Pasirian – Candipuro – Pronojiwo. Jembatan Gladak Perak Piket NolJika anda melalui jalur selatan tersebut saya saran kan untuk berhati-hati, pasalnya jalur yang akan lalui jalannya sangat sempit berkelok-kelok dan naik turun. Dijalur tersebut juga banyak dilalui truk-truk pengangkut pasir disepanjang jalan lintas selatan Malang – Lumajang sehingga jalur Malang –  Lumajang banyak jalan yang rusak dan berlubang. Jadi bila anda ingin melintasi Jembatan Gladak Perak ini, anda harus lebih berhati-hati ketika melewati jalur melalui jalur tersebut.

Perjalanan menuju kawasan Jembatan Gladak Perak dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau pun sepeda motor selama 2 – 3 jam perjalaan, itupun jika anda melalui Kota Malang, terus bila anda melalui dari Kota Lumajang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit bahkan sampai 1 jam perjalanan. Jika anda melalui jalur selatan tersebut saya saran kan untuk berhati-hati, pasalnya jalur yang akan lalui jalannya sangat sempit berkelok-kelok dan naik turun.

Dijalur tersebut juga banyak dilalui truk-truk pengangkut pasir disepanjang jalan lintas selatan Malang – Lumajang sehingga banyak jalan yang rusak dan berlubang, namun tidak terlalui ramai. Jadi bila anda ingin melintasi Jembatan Gladak Perak ini, anda harus melalui jalur lintas selatan.

Source http://www.wisataterindah.net http://www.wisataterindah.net/jembatan-gladak-perak-piket-nol/
Comments
Loading...