Keindahan Wisata Hutan Mangrove Wana Tirta di Kulon Progo

0 172

Hutan Mangrove Wana Tirta

Hutan Mangrove Wana Tirta merupakan salah satu wisata konservasi alam untuk pelestarian hutan mangrove di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Hutan mangrove satu ini terletak di daerah paling ujung barat daya Kulon Progo dan dekat dengan perbatasan antara Yogyakarta – Jawa Tengah, tepatnya di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. 

Daya Tarik Hutan Mangrove Wana Tirta

Hutan Mangrove Wana Tirta ini juga dikemas dengan menampilan yang menarik. Salah satunya dengan membagi dua kawasan yang mengusung tema berbeda dengan memanfaatkan lokasi dan jenis mangrove yang ada, yaitu dengan adanya “Jembatan Mangrove” di pinggir sungai dan “Goa Mangrove” yang berada di sebelah selatan sungai.

Jembatan Mengrove tersebut berada di pinggir sungai yang melintasi kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta. Sepanjang pinggiran sungai yang ada di kawasan tersebut kemudian dimanfaatkan untuk penanaman tanaman mangrove jenis mangrove air. Untuk membuatnya agar terlihat menarik, kemudian di sepanjang tanaman mangrove pinggir sungai dibangun jembatan panjang yang terbuat dari bambu. Dengan adanya jembatan ini, pengunjung dapat berjalan-jalan mengintari pinggiran sungai serta menikmati pemandangan indah yang tersaji di antara sungai dan tanaman mangrove tersebut.

Sedangkan untuk Goa Mangrove, terletak di sebelah selatan sungai. Goa mangrove ini dibuat dengan memanfaatkan jenis tanaman mangrove yang hidup di daerah berlumpur. Jenis tanaman mangrove satu ini bisa tumbuh tinggi dan rindang, sehingga saat kita berjalan di tengah pepohonan tersebut akan terasa memasuki sebuah terowongan di dalam goa, karena itulah pengelola di sana menamakannya goa mangrove.

Fasilitas Hutan Mangrove Wana Tirta

Walaupun masih terbilang baru, namun untuk fasilitas umum di kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta ini sudah cukup memadai, Di sana sudah disediakan beberapa fasilitas seperti tempat parkir, kamar mandi, warung, tempat sampah, tempat berteduh dan beberapa fasilitas umum lainnya. Selain itu di sana juga disediakan beberapa fasilitas lain seperti persewaan speedboat dan perahu kano yang disediakan pengelola untuk menelusuri sungai mangrove. Untuk harga sewanya terbilang relative, sehingga anda bisa bernegosiasi langsung dengan pengelola di sana.

Rute Menuju Hutan Mangrove Wana Tirta

Untuk menuju ke wisata ini jalur yang bisa anda tempuh, yaitu dari arah Kota Wates dan arah Kota Bantul, Yogyakarta. Dari Kota Wates, kita harus menuju selatan sampai Jalan Daendels. Kemudian lurus ke barat hingga melewati Jembatan Congot. Kurang lebih 1 km setelah jembatan akan ada petunjuk arah menuju Hutan Mangrove Wana Tirta. Kemudian kita ke selatan mengikuti jalur tersebut hingga sampai. Akses jalan menuju Hutan Mangrove Wana Tirta ini cukup mudah dan santai, sehingga untuk menuju ke sana kita bisa menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi.

Tiket Masuk Hutan Mangrove Wana Tirta

Biaya masuk Hutan Mangrove Wana Tirta cukup murah, karena kita hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.3000 saja. Sedangkan biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil pribadi. 

Source http://setapakpesona.blogspot.co.id http://setapakpesona.blogspot.co.id/2016/06/belajar-tentang-alam-di-hutan-mangrove.html
Comments
Loading...