Warning: unlink(/tmp/d620d2e1fed11ddf30383e95ad5ba89a-O9fwMu.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Wisata Gunung Madu di Simo Boyolali

0 142

Gunung Madu

Gunung Madu merupakan salah satu destinasi wisata Boyolali yang masih tergolong baru. Dulu, daerah ini merupakan kawasan lembah yang tidak terurus, kemudian oleh seorang pengembang disulap menjadi sebuah resort dengan pemandangan perbukitan hijau yang dipercantik dengan berbagai fasilitas penunjang. Tempat wisata baru ini berlokasi di Jalur Simo-Klego, Boyolali.

Selain terkait dengan sejarah kerajaan Islam, Simo khususnya di kawasan Gunung Madu juga tidak luput dari perjalanan masyarakat Indonesia ketika menghadapi penjajahan Jepang. Anda yang berkunjung ke Gunung Madu akan melihat banyak goa di kawasan lembah ini baik itu goa alami ataupun goa buatan. Goa-goa di kawasan ini, pada zaman dahulu digunakan masyakarakat sekitar untuk bersembunyi dari kejaran tentara Jepang. Bagi anda yang sedang penat dengan rutinitas perkotaan, sangat cocok untuk berkunjung ke Gunung Madu.

Asal Usul Nama Simo

Simo atau Sima dalam Bahasa Jawa berarti harimau. Dahulu ketika masa Kerajaan Demak, Walisongo mengutus Sunan Kudus ke Kyai Ageng Pengging untuk bergabung dengan Kerajaan Demak pimpinan Sultan Patah. Dalam perjalanannya, Sunan Kudus bermalam di sebuah hutan di Boyolali. Kemudian Sunan Kudus memukul gong pusaka, bunyinya seperti auman harimau raksasa dan menggema hingga ke perkampungan warga. Sejak saat itu kawasan ini disebut dengan Simo hingga sekarang.

Daya Tarik Gunung Madu

Tempat ini banyak dijadikan pengunjung untuk menikmati suasana sejuk khas perbukitan serta sekedar untuk berfoto-ria. Banyak anak muda yang sengaja datang ke Gunung Madu pada dini hari, karena dari tempat ini kita bisa menyaksikan keindahan sunrise dengan pemandangan perbukitan hijau. Lokasi yang menjadi andalan pengunjung untuk dijadikan spot foto adalah ‘Love Photo’ yang merupakan centerpiece sebuah hati besar dengan bangku di tengahnya serta dihiasi dengan bunga. Tidak jarang pengunjung harus antre untuk bisa foto di spot ini.

Akses Menuju Gunung Madu

Apabila anda ingin berwisata ke Gunung Madu, rute yang ditempuh tergolong mudah karena akses menuju ke sana merupakan jalan protokol. Dari Jogja, ambil jalur menuju Solo.Pada pertigaan Kartasura, belok ke kiri ke arah Boyolali dan ambil rute menuju ke Simo. Kemudian tepat pada tepi jalur Simo-Klego anda akan menjumpai Gunung Madu sangat mudah ditemukan karena dilengkapi dengan papan penunjuk lokasi. Meskipun tergolong lumayan jauh dari Jogja sekitar 70 KM atau 2 jam 30 menit apabila ditempuh menggunakan kendaraan roda empat, tempat ini patut dicoba bersama orang terdekat anda.

Source https://bonvoyagejogja.com https://bonvoyagejogja.com/gunung-madu-dari-goa-tempat-sembunyi-jadi-wisata-tersembunyi-di-boyolali/
Comments
Loading...