Keindahan Wisata Gubug Payung Blora Jawa Tengah

0 311

Gubug Payung

Objek wisata Monumen Jati Alam atau yang lebih terkenalnya wisata Gubuk Payung. Hutan Monumen jati Alam ini terletak di antara jalan Blora-Cepu, menempati lahan seluas 31,8 hektar. Sedangkan jumlah pohon jati sesuai yang tercatat di lokasi monumen yaitu sebanyak 1.766 batang. Rata-rata tinggi pohon disini 39 meter, garis tengah 89 meter dan sebagian besar berumur lebih dari 100 tahun. Wisata ini juga merupakan salah satu tempat pemberhentian bagi wisata Loco Tour.
Hutan ini merupakan hutan jati kelas dunia yang dilindungi oleh pemerintah. Bahkan pada tahun 2007, pohon jati di kawasan ini pernah terjual dengan harga 1 Milyar dan tercatat di museum rekor sebagai pohon jati termahal di dunia.

Sejarah Gubug Payung 

Kawasan Gubug Payung mencatat sejarah baru di dunia perkayuan jati. Sejarah ini ditorehkan pada Agustus 2007 dengan rekor harga jati terbesar dan termahal di dunia, dengan harga Rp. 1 miliar untuk satu batang tegakan. Pohon jati tua yang diperkirakan berusia 150-200 tahun, persisnya berupa jati raksasa yang diukur dan dicatat oleh pejabat Museum Rekor Indonesia (MURI). Disebut raksasa, karena jati ini cukup besar, untuk memeluk lingkar pohon jati ini diperlukan 6-7 orang dewasa dengan tangan terbentang dan bergandengan. Diameter 3 m dan ketinggian 25 m atau volumenya sekitar m3.

Aksesbilitas  Gubug Payung 

Di Gubug Payung dibangun halte pemberhentian, dimana jarak antara halte pemberhentian KA dengan tempat rehat hanya sekitar 300 m. Kawasan wisata ini bernuansa asri dan tenteram, jauh dari keramaian dan kesibukan manusia. Sangat pas untuk tetirah atau berpelisir menenangkan diri. Dalam suasana seperti itu, pengunjung bisa menikmati kesejukan dan keteduhan sambil menyantap panganan bekal dari rumah. Pihak pengelola juga telah menyediakan meja dan tempat duduk untuk bersantap siang. Seluruhnya dibangun dengan konsep permanen. Selain tempat rehat, ada pula bangsal yang bisa digunakan untuk istirahat atau duduk menggelar tikar.

Source wisata blora
Comments
Loading...