Keindahan Wisata Gua Rangko, di Kota Malang

0 144

Gua Rangko

Gua Rangko menjadi sebuah alternative wisata bagi wisatawan yang hanya menghabiskan waktu di Labuan Bajo. Gua ini terletak di Kampung Rangko, sebuah kampung yang mayoritas penduduknya beragama muslim yang berasal dari Sulawesi. Gua Rangko menawarkan keindahan gua yang masih sangat alami dengan stalaktit dan stalakmit yang terus bertambah.

Yang menjadi daya tarik utama gua ini adalah terdapat kolam air asin yang masuk melalui bebatuan / meresap ke dasar tanah dan tertampung di dalam gua ini. Di sini wisatawan dapat berenang dan mengapung di dalam kolam gua rangko. Airnya sangat bening kebiru – biruan. Waktu terbaik mengunjungi Gua Rangko yaitu ketika siang hari menjelang sore karena cahaya akan masuk ke dalam gua sehingga terlihat lebih terang.

Akses Menuju Gua Rangko

Akses menuju Gua Rangko dapat menggunakan kapal dari Labuan Bajo yang biasa digunakan untuk mengunjungi pulau – pulau di Taman Nasional Komodo. Selain itu anda dapat berkendara selama 45 menit dari Labuan Bajo menuju Kampung Rangko. Jalur menuju gua rangko tidak membingungkan karena hanya terdapat 1 jalur saja namun sayangnya kondisi jalan masih belum beraspal kurang lebih sekitar 5km dari Labuan Bajo, tetapi setelah itu terdapat jalan beraspal yang sangat mulus menuju Kampung Rangko.

Di Kampung Rangko anda harus menyewa kapal nelayan dengan biaya Rp 300.000 / kapal untuk berlayar menuju gua rangko. Di sini tidak terdapat fasilitas khusus untuk wisatawan, hanya masyarakat setempat sudah mulai menata jalur trekking dan membersihkan kawasan ini. Tiket masuk ke dalam gua rangko dikenakan Rp 20.000 / orangnya.

Source http://www.tourfloreskomodo.com http://www.tourfloreskomodo.com/gua-rangko-di-labuan-bajo/
Comments
Loading...