Keindahan Wisata Goa Lalay di Lebak, Banten

0 19

Goa Lalay

Goa Lalay merupakan salah satu destinasi yang ada di Sawarna, lokasinya berada di Desa Sawarna, Kec. Bayah, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393, untuk masuk ke goa ini kamu harus melewati tangga dengan kemiringan 45 derajat dan memiliki struktur yang tidak rata, harus ekstra hati – hati agar tidak jatuh. Di dalam Goa Lalay ini terdapat batuan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi langit – langit dan seisi goa dengan jumlah yang cukup banyak, ini yang menjadi alasan kenapa banyak wisatawan yang datang kesini.

Goa Lalay memiliki kedalam lebih dari 1000 meter, tapi kamu tidak bisa masuk hingga kedalam tersebut, untuk wisatawan hanya disarankan sampai kedalam 200-400 meter. Goa ini termasuk unik, karena hampir semua dasarnya terendam air setinggi betis orang dewasa. Air ini berasal dari tetesan – tetesan dari atas goa dan terus menerus hingga membentuk bantuan stalaktit-stalaktit yang indah di dalam goa. Goa ini diberi nama Lalay(nama kekelawar dalam bahasa sunda) karena dulu gua ini merupakan tempat tinggal bagi koloni kelelawar, yang saat ini sudah sedikit yang bisa di jumpai oleh para pengunjung.

Karena dasar goa ini tidak datar maka di sarankan untuk berhati – hati ketika berjalan menyusuri goa ini, kamu juga harus memperhatikan batuan di atas kepala kamu. Disarankan untuk menggunakan helm dan sepatu untuk menjaga keselamatan selama menjelajahi goa ini. Dan senter, merupakan benda yang sangat penting untuk dibawa, tanpa senter kamu tidak akan bisa melihat keindahan bantuan stalaktit dan stalakmit dengan sempurna. Untuk kamu yang tidak membawa peralatan di atas jangan khawatir, di pos masuk goa ini ada tempat penyewaan peralatan untuk keselamatan di dalam goa. Dan yang menarik lainnya dari Goa Lalay adalah proses untuk sampai ke goa ini kamu kamu harus melewati pesawahan warga, pinggiran sungai dan jembatan gantung.

Source https://www.sawarna.net https://www.sawarna.net/goa-lalay.xhtml
Comments
Loading...