Keindahan Wisata Danau Situ Cikuda Majalengka

0 368

Situ Cikuda

Situ Cikuda merupakan danau yang berada di kaki Gunung Ceremai. Situ Cikuda termasuk salah satu potensi wisata yang belum dikembangkan maksimal di Kabupaten Majalengka. Situ Cikuda lebih dikenal sebagai lokasi untuk memancing. Sumber air Situ Cikuda berasal dari mata air yang berada di sisi selatannya. Sisi Selatan Situ Cikuda merupakan hutan lindung yang masih alami dan masih banyak terapat Lutung dan hewan lainnya. Situ Cikuda juga dimanfaatkan sebagai sumber air bagi desa-desa di sekitarnya, seperti Blok Heuleut yang merupakan blok terdekat dengan Situ Cikuda.

Akses Menuju Situ Cikuda

Situ Cikuda berada di Desa Padaherang Kecamatan Sindangwangi sekitar +-25 KM dari pusat Kota Majalengka. Untuk menuju kesana anda masuk dari jalan raya Rajagaluh-Cirebon masuk menuju Sindangwangi atau arah Curug Cipeuteuy. Ditengah perjalanan anda akan menemukan petunjuk arah menuju Desa Padaherang, bila sudah di Desa Padaherang temukan Balai Desa Paherang, kenapa karena lokasi Situ Cikuda berada tak jauh dari Balai Desa. Untuk menuju Situ ini hanya bisa diakese oleh kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, untuk kendaraan umum hanya ada ojek saja.

Keindahan Situ Cikuda

Situ Cikuda ini memliki luas sekitar 2 hektar. Danau ini memanjang dari barat ketimur dan dibatasi oleh hutan lindung yang cukup luas di selatan situ tersebut. Situ ini memiliki warna air kehijauan, jadi tidak disarankan untuk coba coba berenang yak. Pengunjung bisa menikmati panorama danau di tempat ini, bila anda hobi memancing bisa juga dilakukan disini, karena banyak sekali ikan yang mendiami danau di ujung timur Majalengka ini.

Dengan kelayakan hutan alami yang sangat asri dan segar beserta situ yang menawarkan panorama eksotis, membuat objek wisata ini berpotensi menambah pendapatan di daerah setempat. Hutan alami yang menawan ini membuat tempat ini menjadi lebih menarik untuk dikunjungi. Karena rutinitas harian beserta lingkungan kota yang penat dan padat membuat kita merindukan suasana alam yang begitu menyegarkan, layaknya Situ Cikuda ini.

Source Jalan Wisata infomajalengka
Comments
Loading...