Keindahan Wisata Danau Ronggojalu di Probolinggo

0 140

Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu merupakan salah satu wisata danau yang terletak di Desa Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Danau Ronggojalu Probolinggo adalah sebuah wisata danau yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Selain sebagai tempat wisata, danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri penduduk setempat. Kapasitas air di danau ini mencapai 3000 liter setiap harinya. Dan air yang ada berasal dari sumber mata air murni dari alam. Selain digunakan untuk sarana industri.

Air di Danau Ronggojalu ini juga dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan air minum dan pengairan persawahan warga setempat. Nama Ronggojalu diambil dari kisah Ki Ronggo dan Ki Jalu. Konon, pada zaman dahulu, Ki Ronggo dan Ki Jalu yang sebenarnya masih bersaudara terlibat perebutan kekuasaan. Ketika mereka berperang, datang seorang kiai sakti yang menancapkan sebuah batang lidi di kawasan tersebut. Ia bertitah bahwa barang siapa yang dapat mencabut batang lidi tersebut, maka ialah yang berhak menjadi penguasa wilayah Ronggojalu.

Namun, baik Ki Ronggo dan Ki Jalu tidak ada yang mampu mencabut batang lidi tersebut. Akhirnya, kiai tersebut mencabut lidi itu dan bekas tancapannya mengeluarkan sumber mata air hingga menjadi sebuah danau. Kedua saudara itu kemudian tewas tenggelam di danau tersebut. Pada tepi danau tersebut, terdapat dua buah makam berwarna oranye. Makam yang memiliki pagar hampir roboh itu tepat berada di bawah pohon rindang dan diyakini sebagai makam Ki Ronggo dan Ki Jalu.

Selain panorama yang mempesona dan suasana di lokasi yang sangat sejuk, di Danau Ronggojalu Probolinggo juga terdapat berbagai wahana dan berbagai fasilitas yang memadai. Salah satu wahana paling favorit di Danau Ronggojalu adalah kolam renang anak-anak yang dilengkapi dengan ban pelampung, gazebo untuk duduk duduk santai, dan warung warung yang menjual jajanan khas Probolinggo. Untuk bisa berkunjung ke danau ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang sebagai tiket masuk.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/danau-ronggojalu-probolinggo-menikmati-panorama-danau-yang-sejuk.html
Comments
Loading...