Keindahan Wisata Danau Bulian di Buleleng

0 24

Danau Bulian

Danau Bulian merupakan salah satu wisata alam yang berada di Desa Bulian, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali. Keindahan wisata alam di Danau Bulian Bali masih sangat alami. Pemandangan yang tidak ada bandingannya, udara sejuk dan keasriannya menambah daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Bali, khususnya objek wisata tersebut. Danau Bulian adalah singkatan dari Danau Buyan dan Tamblingan. Dua Danau tersebut seolah-olah terlihat kembar karena posisinya yang saling berdekatan.

   

Keindahan Alam yang masih alami, membuat objek wisata Danau Bulian ini terkenal di Bali dan diminati banyak wisatawan mancanegara. Jarak objek wisata Danu Bulian dari Bandara International Ngurah Rai, Jimbaran cukup jauh , yaitu ± 90 km dan kira-kira memakan waktu perjalanan ± 180 menit. Wisatawan mancanegara biasanya menyewa rent car yang ada di sekitar Bandara Ngurah Rai untuk menuju ke objek wisata Danau Bulian Bali tersebut. Namun wisatawan Lokal atau Luar kota lebih memilih menggunakan mobil sendiri daripada harus menyewa rent car. Rute perjalanan yang ditempuh mulai dari keluar Bandara Ngurah Rai menuju ke Jalan By Pass Ngurah Rai. Setelah itu menuju ke Denpasar melalui Jalan Imam Bonjol sampai Perbatasan Denpasar-Badung yaitu di Pertamina Sempidi.

Akomodasi Danau Bulian

Perjalanan dilanjutkan melewati Badung, yaitu melewati Kecamatan Mengwi sampai Desa Sembung sebagai perbatasan Badung-Tabanan. Sepanjang perjalanan dari Mengwi sampai Desa Sembung, wisatawan akan di manjakan dengan pemandangan sawah yang luas di pinggir jalan. Perjalanan dilanjutkan kembali melewati kecamatan Baturiti sampai perbatasan Tabanan-Singaraja,dimana banyak objek wisata, salah satunya Bedugul. Jika wisatawan ingin menginap, didaerah tersebut banyak terdapat penginapan atau Hotel Murah. Wisatawan pun dapat berkunjung di beberapa Restoran atau Rumah Makan disekitar daerah tersebut yang menyediakan Kuliner khas Bali yang Halal. Letak Wisata Danau Bulian berada di pinggir Jalan Denpasar-Singaraja sampai Desa Munduk di Jalan Swadaya Masyarakat.

Daya Tarik Danau Bulian

Danau Bulian dikelilingi oleh 4 desa, yaitu desa Pancasari, Munduk, Gobleg dan Wanagiri. Wisatawan bisa menikmati keindahan Danau Bulian dari 4 desa tersebut. Letaknya yang cukup tinggi kurang lebih 1000 meter dari permukaan laut menyebabkan udara disekitar kawasan ini dingin dan sejuk. Adanya kera-kera yang tidak jauh dari kedua danau ini, yaitu di jalan raya sebelah danau buyan jurusan denpasar-singaraja, menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung sambil berfoto dengan kera-kera atau memfoto keindahan Danau Bulian dari atas. Di pinggir jalan, sejumlah warga desa Wanagiri menyediakan tempat duduk bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan alam danau Bulian. Danau Bulian dikatakan perawan dan masih alami, karena wisatawan atau warga sekitar hanya diperbolehkan menggunakan perahu kayu atau Pedahu untuk mengelilingi Danau Bulian ini.

Harga Tiket Masuk Danau Bulian

Danau Bulian atau Danau Buyan dan Tamblingan sangat ideal untuk wisata Bahari atau rekreasi air seperti mendayung atau memancing. Fasilitas yang ditawarkan pada objek wisata Danau Bulian ini adalah tempat parkir untuk mobil di tepi danau, penyewaan perahu, wisata alam petualangan seperti tracking dan kemah, memancing di tepi danau atau hanya sekedar berekreasi. Berikut Harga dari beberapa fasilitas yang ditawarkan pada objek wisata Danau Bulian: Parkir Motor = Rp.1000/Motor, Parkir Mobil = Rp.2000/Mobil. Tiket Masuk = Rp.3500. Camping = Rp.5500/Hari untuk umum, Rp.4000/Hari untuk pelajar. Tracking dari Danau Tamblingan, Harga Tracking dari Rp.140.000 – 1.000.000 sesua trek yang diinginkan.

Source https://wisatabaliutara.wordpress.com https://wisatabaliutara.wordpress.com/2011/06/16/danau-bulian/
Comments
Loading...