Keindahan Wisata Curug Sawer Tiada Tara di Tasikmalaya

0 207

Curug Sawer

Curug Sawer merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang berada di Tasikmalaya, secara administratif berada di Kampung Cibeureum, Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Curug Sawer merupakan tingkatan kedua dari aliran Sungai Cibaregbeg setelah Curug Amoh.

Di sekitar Curug Sawer terdapat juga tiga air terjun lainnya di kampung dan desa terdekatnya. Curug Sawer merupakan air terjun yang saat ini mulai banyak didatangi oleh masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar Tasikmalaya. Akses menuju Curug Sawer temasuk yang memiliki tingkat aksesibilitas yang mudah, bahkan dengan tingkat aksesibilitas treking yang cukup mudah. Terdpat dua jalur utama menuju Curug Sawer, yaitu melalui Kota Garut dan Kota Tasikmalaya.

Keindahan Curug Sawer 

Keindahan Curug sawer ini  memiliki ketinggian ± 50 m dan lebar ± 10 m ini lebih dapat dinikmati apabila musim hujan tiba, karena dengan aliran airnya yang cukup deras memungkinkan terjadinya air terjun dapat lebih optimal dan menambah keindahan suasana. Sebaliknya, pada musim kemarau tiba air terjun ini kurang bahkan tak dapat dinikmati sama sekali, karena air sungainya yang surut bahkan nyaris mengering.

Akses Menuju Curug Sawer 

Untuk mencapai titik lokasi, dibutuhkan kondisi fisik yang prima. Medan yang dilalui pun terbilang sangat terjal. Dari lokasi jalan raya Desa Mandalamekar yang kondisinya masih rusak parah, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1 km dengan jalan kaki. Melewati pematang sawah, menyebrangi anak sungai dan turunan tebing yang sangat terjal. Dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih 30 menit untuk mencapai titik lokasi air terjun Curug Sawer. Saat tiba di lokasi, rasa lelah akibat perjalanan seketika akan hilang. Curug Sawer menawarkan pemandangan tersendiri yang sangat memanjakan mata. Tumpukan batu-batu besar di kelilingi pepohonan rindang kian memberikan aroma udara segar yang mampu menghilangkan kepenatan. Tapi sayang, potensi wisata alam yang luar biasa ini masih terabaikan. Potensi ini belum mendapatkan sentuhan maksimal dari Pemerintah Kab. Tasikmalaya.

Source Jalan Wisata tasikmalaya
Comments
Loading...