Keindahan Wisata Batu Gamelan Batang Jawa Tengah

0 205

Batu Gamelan

Batu Gamelan adalah  tempat wisata yang unik, di katakan unik karena tempat ini berupa gundukan batu-batu besar di kaki sebuah bukit. Dibawahnya terhampar areal persawahan yang subur. Tempat ini dipercayai sebagai peninggalan kuno, megalitikum.

Sejarah Batu Gamelan

Orang menamakannya dengan “Batu Gamelan” konon kabarnya waktu malam bulan purnama pedhukuhan-pedhukuhan disekitar situs tersebut sesekali mendengar bunyi puluhan batu yang dipukul beramai-ramai (kothekan).

Gundukan batu-batu besar yang menempati areal 600 m2 tersebut tidak berbentuk “gamelan” tetapi bisa mengeluarkan bunyi dengan nada yang berbeda-beda apabila dipukul. Sampai sekarang batu tersebut masih ada dan sering dipukul oleh anak-anak pencari rumput, suaranyapun nyaring terdengar sampai ratusan meter jauhnya.

Gundukan batu-batu besar tersebut sebenarnya tidak berbentuk gamelan, namun karena dapat mengeluarkan bunyi dengan nada yang berbeda-beda jika  dipukul. Sampai saat ini, Batu-batu Besar tersebut masih ada, dan sering dipukul oleh bocah pencari rumput, dan suara yang keluar dari batu-batu tersebut pun, terdengar nyaring, serta dapat didengar hingga ratusan meter jauhnya.

Lokasi Batu Gamelan

Tepatnya terletak di Desa Tosa, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, situs yang berupa Gundukan Batu-batu Besar peninggalan dari zaman Megalitikum.

Transportasi Batu Gamelan

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Batu Gamelan dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Wisata Batu Gamelan di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Source wisata protalbatang
Comments
Loading...