Keindahan Wisata Bahari Pantai Kukup di Gunungkidul

0 200

Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan salah satu wisata alam yang memiliki pemandangan yang sangat indah, tempat wisata Jogja satu ini menawarkan keindahan pasir putih dan deburan ombak yang cukup besar namun tak terlalu bahaya. Bebatuan karang disekitar pantai kukup. Walaupun objek wisata Pantai Kukup ini tidak memiliki garis pantai yang terlalu panjang layaknya Pantai Krakal, namun keindahan di pantai ini tak boleh kamu sampingkan. Karakteristik dari Pantai Kukup hampir sama dengan kebanyakan pantai di laut selatan, yaitu diapit oleh tebing-tebing karst di sisi sampingnya, namun salah satu keunikan yang dimiliki Pantai Kukup dibanding dengan deretan pantai indah di Gunung Kidul lainnya adalah terdapatnya sebuah pulau karang disebelah timur pantai.

Lokasi Pantai Kukup

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sekitar 1 km sebelah timur obyek wisata pantai Baron atau 25 km ke arah selatan dari Wonosari Gunungkidul Yogyakarta.

Fasilitas Pantai Kukup

Fasiitas yang terdapat di pantai ini terbilang cukup lengkap dan memadai yang terdiri dari tempat parkir, musholla, wc umum, warung makan, penginapan dan berbagai tempat penjualan pernak-pernik khas dari pantai kukup ini. Juga terdapat pedagang ikan hias laut maupun terumbu karang yang di perdagangkan disepanjang pantai.

Rute Menuju Pantai Kukup

Rute Dari Solo:

Dari Jogja Solo pertigaan candi Prambanan belok ke selatan menuju Jl. Wonosari. Kemudian Ikuti Jl wonosari hingga Kota Wonosari. Dari Kota Wonosari ambil kanan sesuai petunjuk arah menuju Jl Baron. Ikuti hingga sampai tempat retribusi. Selanjutnya silahkan ikuti petunjuk arah, karena letak Pantai Kukup Krakal Baron dan juga Pantai Indrayanti sudah tertera pada petunjuk arah yang berada di pinggir-pinggir jalan.

Rute Dari Yogyakarta:

Dari Yogyakarta memasuki ringroad selatan, lalu ke Timur. Masuk jalan Wonosari di perempatan ke dua setelah Terminal Giwangan. Lalu lurus ke timur hingga Jl Wonosari. Rute selanjutnya sama seperti diatas.

Harga Tiket Pantai Kukup

Tiket masuk Pantai Kukup sangatlah murah meriah, para pengunjung hanya dikenakan biaya tarif masuk pantai dengan harga Rp 10.000/orang saja. Dengan tiket masuk tersebut sekaligus kamu juga sudah dapat berkunjung ke tiga kawasan pantai lainnya seperti Pantai Kukup. Pantai Sundak, dan Pantai Krakal. Untuk biaya parkir kamu akan ditarik tarif sebesar Rp 5000 untuk mobil dan Rp 2000 untuk kendaraan roda dua.

Source https://www.njogja.co.id https://www.njogja.co.id/gunungkidul/pantai-kukup/
Comments
Loading...