Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-Zo9SCD.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Wisata Bahari Pantai Karapyak di Pangandaran

0 104

Pantai Karapyak

Pantai Karapyak merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang memiliki kondisi pantai yang sejuk dan bersih. Tidak seperti Pantai Pangandaran yang ramai dan panas. Daya tarik pantai ini berupa hamparan pasir putih sepanjang kurang lebih 5 kilometer dengan batu-batu karang di tepi pantai. Pasirnya yang putih ini berasal dari butiran-butiran kecil batu karang dan cangkang kerang yang haus. Di tepi pantai ini terdapat hamparan bebatuan karang sehingga Anda bisa leluasa menginjaknya hingga ke arah lebih jauh dari bibir pantai. Di bebatuan karang tersebut terdapat banyak biota laut seperti rumput laut.

Selain menawarkan keindahan alamnya, Pantai Karapyak terbilang masih alami. Hal ini ditandai dengan masih bersihnya pantai dari sampah plastik maupun sejenisnya yang berserakan. Kondisi alamnya pun masih alami dan terawat.

Fasilitas di Pantai Karapyak

Fasilitas wisata di Pantai Karapyak ini masih terbilang sederhana. Untuk tarif penginapan semalam berkisar antara Rp 70.000 – Rp 250.000 tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Selain penginapan, ada juga musola, lahan parkir dan kamar mandi umum. Terdapat beberapa warung makanan minuman yang tersedia dari ujung timur hingga barat Pantai Karapyak.

Harga Tiket Masuk Pantai Karapyak

Harga tiket masuk Pantai Karapyak dihitung per kendaraan untuk roda empat sebesar Rp 27.500 dan roda dua sebesar Rp 10.000. Sudah termasuk iuran kebersihan dan dan keamanan. Pantai Karapyak buka setiap hari untuk umum.

Akses Menuju Pantai Karapyak

Pantai Karapyak terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran. Dari alun-alun kota Ciamis jaraknya sekitar 78 kilometer dan 20 kilometer dari Pangandaran. Akses lokasi menuju pantai ini tidak terlalu sulit, meskipun masih banyak jalan yang rusak di beberapa tempat. Bahkan sudah dilengkapi dengan beberapa petunjuk jalan yang dapat membantu pengunjung menemukan lokasi pantai ini. Tetapi belum ada ada angkutan umum yang bisa membawa pengunjung sampai di lokasi Pantai Karapyak. Sehingga hanya pengunjung yang membawa kendaraan pribadi yang bisa mencapai destinasi ini.

Ada dua alternatif jalan yang dapat ditempuh untuk sampai di lokasi pantai ini. Rute pertama berbelok dari Kantor Kecamatan Kalipucang dengan jarak sekitar 13 kilometer. Kondisi jalannya cukup baik  yaitu sudah beraspal sehingga mudah dilalui meskipun di beberapa tempat terdapat tanjakan curam. Sedangkan untuk rute kedua berbelok dari pertigaan Rest Area Emplak sejauh 9 kilometer. Meskipun jaraknya lebih dekat, tetapi kondisi jalannya lebih jelek. Sesampainya di gerbang wisata, rute jalan menuju pantai juga ada 2 rute. Pertama lurus terus dengan kondisi jalan aspal mulus dan pemandangan yang bagus tetapi jaraknya sedikit lebih jauh.  Kedua, jaraknya lebih dekat tetapi kondisi jalannya rusak serta terdapat turunan yang curam.

Source Jalan Wisata vebma.com
Comments
Loading...