Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-XdhPSC.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Wisata Alam Watu Amben di Bantul Yogyakarta

0 228

Watu Amben

Watu Amben merupakan kawasan perbukitan yang letaknya berada di sebelah selatan dari Bukit Bintang Gunungkidul. Posisinya lebih tinggi dari kawasan Bukit Bintang dan menyajikan pemandangan dari ketinggian yang tidak kalah menarik. Potensinya cukup menarik namun belum tergarap maksimal seperti bukit yang ada disebelahnya tersebut. Saat ini sudah beberapa warung penjaja makanan dan minuman yang buka disekitar kawasan tersebut.

Lokasi Watu Amben

Watu Amben terletak di selatan Bukit Patuk Gunungkidul tepatnya di Dusun Pandeyan, desa Srimulyo, kecamatan Piyungan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Dinamakan Watu Amben karena beberapa batuan yang ada mirip dengan ‘amben’ atau tempat yang digunakan untuk tidur. Sejarah penamaan tempat ini konon dijadikan tempat peristirahatan sebentar oleh petinggi kerajaan yang sedang melakukan perjalanan.

Lokasi Bukit Watu Amben berada di sebelah selatan perempatan kecil Puncak Bukit Patuk Gunungkidul dan masuk kawasan perbukitan pegunungan seribu. Rute menuju Watu Amben dari kota Yogyakarta ikuti Jalan Wonosari hingga melewati tanjakan Piyungan-Patuk. Saat tiba di ujung tanjakan akan menemui perempatan kecil yang terdapat papan petunjuk arah dan pos polisi. Pilihlah jalan ke kanan atau ke selatan menuju ke arah Dlingo Bantul. Kondisi jalan sedikit menanjak dan selang satu kilometer menyusuri jalan akhirnya tiba di kawasan bukit tersebut.

Tanda bahwa pengunjung memasuki kawasan Watu Amben Pandeyan adalah keberadaan papan nama lokasi di sebuah area pinggir tebing yang diapit oleh bangunan warung. Tulisan papan nama tersebut sudah memudar dan belum diperbaharui. Didekat papan nama tulisan tersebut terdapat informasi potensi wisata di sekitar kampung Pandeyan yang salah satunya tercantum nama Watu Amben.

Keindahan Watu Amben

Pemandangan dari tepi tebing Watu Amben cukup menarik dan mirip seperti pemandangan di Bukit Bintang. Posisinya yang lebih tinggi membuat cakupan pemandangan lebih luas dan lebih jelas. Dari kawasan ini kita bisa melihat hamparan persawahan yang dikelilingi perbukitan, jalan penghubung antar desa, dan kawasan pemukiman warga. Bila cuaca sedang cerah akan terlihat pemandangan Gunung Merapi yang terlihat gagah di sebelah utara.

Fasilitas Watu Amben

Warung-warung penjaja makanan dan minuman mulai dibangun dan membuka dagangan di sekitar area Watu Amben Pandeyan. Beberapa warung ada yang menggunakan bangunan semi permanen dan sisanya menggunakan bangunan permanen. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan hampir sama seperti menu warung di kawasan Bukit Bintang. Harga yang ditawarkan pun sedikit lebih murah agar menarik minat pengunjung. Namun warung-warung yang ada di Watu Amben ini rata-rata baru buka menjelang sore hari tidak seperti warung di Bukit Bintang yang buka sejak pagi hari.

Source https://teamtouring.net/ https://teamtouring.net/watu-amben-pandeyan-bantul.html
Comments
Loading...