Keindahan Wisata Alam Waduk Lalung di Karanganyar

0 312

Waduk Lalung

Waduk Lalung merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Kelurahan Lalung, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Waduk Lalung memiliki luas 7394 hektar dan daya tampung air yang mencapai 5 juta meter kubik.

Waduk ini dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda tahun 1940 dan selesai tahun 1942 dengan pengerjaan dilakukan oleh masyarakat sekitar yang menurut kaum kolonial disebut sebagai inlander. Sebenarnya pembangunan waduk yang sumber airnya berasal dari Sungai Jetis ini masih belum selesai pada saat itu, akan tetapi Jepang terlebih dahulu menduduki daerah ini sehingga pemerintah kolonial Belanda tidak dapat menuntaskan pengerjaan hingga selesai.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Waduk Lalung adalah pada pagi hari dan menjelang petang. Matahari terbit dan terbenam dapat disaksikan dari waduk ini. Saat terbit, indahnya matahari seakan semakin mempesona dengan Gunung Lawu yang berdiri tegak di sisi timur. Saat tenggelam, matahari seakan memancarkan sinar kedamaiannya bersandingan dengan Gunung Merapi dan Merbabu yang berdiri sejajar di langit barat. Sebenarnya jika benar-benar dikembangkan, Waduk Lalung bisa menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Karanganyar.

Akses Menuju Waduk Lalung

Letak Waduk Lalung tidaklah jauh dari Kota Surakarta. Hanya berjarak sekitar 15-16 kilometer dari Balai Kota Surakarta dengan jarak tempuh kurang-lebih 30 menit saja, perjalanan menuju Waduk Lalung juga tidaklah sulit. Rute paling mudah untuk menuju Waduk Lalung adalah melewati Jalan Raya Solo-Tawangmangu yang merupakan jalan utama menuju Tawangmangu. Berikut ini adalah detail perjalanan jika melewati Jalan Raya Solo-Tawangmangu.

Rute yang harus diambil adalah melalui daerah Palur yang juga merupakan jalur utama menuju Jawa Timur. Sesampainya di fly over Palur, ambil rute melewati fly over tersebut ke arah timur yang mana jika belok kiri atau utara adalah jalur utama menuju Jawa Timur. Ikuti terus Jalan Raya Solo-Tawangmangu tersebut hingga sampai Kota Karanganyar. Sesampainya di Kota Karanganyar, tetap ikuti jalan utama tersebut hingga nanti sampai Taman Pancasila di kanan (selatan) jalan. Temukan pertigaan di belakan Taman Pancasila, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri Jalan Sukoharjo-Karanganyar terus ke arah selatan sepanjang 3 kilometer. Setelah melaju sejauh 3 kilometer, fokus ke kanan (barat) jalan. Akan ada sebuah waduk di pinggir Jalan Sukoharjo-Karanganyar yang mana merupakan Waduk Lalung.

Source http://www.menggapaiangkasa.com http://www.menggapaiangkasa.com/p/sitemap_9.html
Comments
Loading...