Keindahan Wisata Alam Terasering Persawahan Majalengka

0 329

Terasering Persawahan

Terasering Persawahan merupakan salah satu area wisata persawahan yang cukup ramai di perbincangkan di ranah media sosial adalah sawah di daerah Desa Bantaragung dan Desa Payung. Memang disekitar daerah Bantaragung dan Payung banyak sekali area persawahan yang memiliki kontur berundak-udank hal ini disebabkan karena lokasi Desa Bantaragung dan Desa Payung berada di kaki Gunung Ciremai.

Keindahan Terasering Persawahan

Panorama Persawahan Desa Bantaragung terletak di Blok Sawah Tarikolot, atau berada di sisi kiri jalan menjelang masuk kawasan Desa Bantargung. Sawah ini menjadi menarik karena berada di sebuah lembah dan memiliki background Gunung Ciremai. Panorama persawahan ini sungguh mengagumkan berada di sebuah lembah menjadikan kawasaan ini cocok untuk menjadi destinasi pencinta fotografi di Majalengka. Selain Persawahan Tarikolot ada satu lagi area terasering di Bantaragung tepatnya di kawasan Persawahan Ciboer, yang berada tidak jauh dari terasering sebelumnya. Sama seperti terasering Tarikolot, persawahan Ciboer berada di sebuah lembah namun menghadap ke arah barat dan utara kawasan Bantaragung.

Daya Tarik Terasering Persawahan

Sementara Persawahan Nangklak berada di  Desa Payung, menuju lokasi sangat mudah karena dilewati oleh jalan penguhubung kedua desa tersebut. Pesona Persawahan di Payung menjadi potensi yang luar biasa bila dikembangkan, terlebih sudah banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati persawahan berundak layaknya persawahan terasering di Ubud Bali. Persawahan Bantaragung-Payung selalu hijau kecuali tentunya musim panen, hal ini karena musim tanam padi persawahan tersebut tidak terbatas, karena ketersedian air yang melimpah ruah dari Gunung Ciremai yang berbatasan persis dengan Desa Bantaragun dan Desa Payung tersebut.

Rute Menuju Terasering Persawahan

Rute menuju kawasan persawahan ini adalah dari Jalan Raya Majalengka-Sumber berbelok di Sindangwangi lalu menempuh rute yang sama menuju Curug Cipeuteuy Sindangwangi, Sawah Tarikolot berada sebelum Desa Bantargung, namun untuk menuju sawah Nangklak baray harus melanjutkan perjalanan hingga Desa Bantargaung. Sesampainya di Desa Bantaragung bila arah menuju Curug Cipeuteuy belok kiri masuk gapura, menuju sawah nangklak arah lurus mengikuti jalan agak menurun. Tak jauh dari sana terhamparlah persawahan yang berundak-undak, maka baraya sudah sampai di Persawahan Nangklak. Bisa juga melewati Desa Payung melalui jalur Rajagaluh-Pajajar kemudian belok ke arah Desa Teja-Desa Payung kemudian ke Blok Cimerang Desa Payung (Arah Bantaragung).

Source Jalan Wiasta infomijk
Comments
Loading...