Keindahan Wisata Alam Teluk Mulut Seribu, di Pulau Rote

0 112

Teluk Mulut Seribu 

Objek wisata Teluk Mulut Seribu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di wilayah Kecamatan Landu Leko. Jika berangkat dari Kota Baa, membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam bermobil untuk mencapai titik terdekat yakni Pelabuhan rakyat Lokonamo, Desa Daiama.

  

Akses Menuju Teluk Mulut Seribu

Ada dua pilihan lokasi untuk mencapai Teluk Mulut Seribu,yakni melalui Pelabuhan Rakyat Lokonamo, Desa Daiama, Kecamatan Landu Leko atau melalui Pelabuhan Papela, Kelurahan Londalusi, Kecamatan Rote Timur. Tidak ada kendaraan umum yang melintasi jalur ini sehingga anda perlu menyewa kendaraan baik berupa ojek motor maupun mobil travel sewaan.  Jika melewati Pelabuhan Papela, sudah ada deretan perahu motor dengan beragam ukuran yang disewakan untuk menghantar anda berpetualangan menelusuri Teluk Mulut Seribu. Harga sewa perahu motor yang memuat 5 – 10 penumpang, bervariasi berkisar 300 – 500 ribu per sekali perjalanan.

Melewati jalur ini, hal pertama yang anda jumpai yakni sebuah pulau kecil berpasir putih dengan puluhan pohon bakau seolah menjadi gerbang penghantar anda menelusuri labirin keindahan Teluk Mulut Seribu. Hal yang tidak jauh berbeda juga akan dijumpai jika melewati Pelabuhan rakyat Lokonamo. Untuk mencapai titik start ini, anda harus menelusuri jalanan yang hanya sedikit beraspal. Memang cukup mengganggu kenyamanan berkendaraan namun anggap saja memberi sensasi yang memacu adrenalin anda. Suguhan pemandangan sawah, padang yang dipenuhi ternak domba mapun sapi serta pantai dengan pepohonan bakau seolah menghantar anda menuju  Teluk Mulut Seribu.

Keindahan di Teluk Mulut Seribu

Tidak ada papan penanda menuju objek wisata ini sehingga anda perlu bertanya kepada warga setempat yang dengan ramahnya memberitahukan. Tiba di Pelabuhan rakyat Lokonamo, anda akan menemukan sebuah teluk indah yang dikelilingi dengan deretan pulau kars yang memanjang.  Jika diperhatikan seksama, akan terlihat puluhan gua –gua kecil di kaki Pulau kars yang dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan perahu maupun alat penangkap ikan. Dari pelabuhan rakyat inilah, anda bisa meminta warga setempat dengan perahu motor sewaan untuk menghantar menuju Teluk Mulut Seribu. Mata anda akan dibuat takjub setelah menelusuri satu persatu pulau karang yang ditumbuhi dengan pepohonan yang menghijau di atasnya.

Daya Tarik di Teluk Mulut Seribu

Gradasi warna air laut seolah menyerupai pepohonan yang ada nampak menyejukkan. Anda akan menemukan suasana yang tenang dan sunyi yang hanya terganggu oleh deru mesin perahu motor yang ditumpangi. Air yang nampak tenang memungkinkan anda untuk melihat dasarnya. Jika beruntung, anda masih menemukan beragam ikan kecil yang bermain – main di kedalaman air. Menelusuri satu pulau ke pulau lainnya dalam lintasan yang nampak rumit dan berliku – liku laksana sebuah permainan labirin yang menantang.

Sambil menelusuri labirin, anda silahkan mengabadikan moment dengan beragam aksi swa foto baik selfie maupun welfie. Hampir sebagian besar pulau – pulau karang yang ada tidak berpenghuni hanya disinggahi oleh para petani rumput laut yang menanam rumput laut di area teluk. Pesona keindahan objek wisata Teluk Mulut Seribu memang wajib dimasukkan dalam daftar kunjungan jika anda ke Kabupaten Rote Ndao.

Source https://bloggerntt.blogspot.com https://bloggerntt.blogspot.com/2017/05/destinasi-wisata-teluk-mulut-seribu.html
Comments
Loading...