Keindahan Wisata Alam Telaga Rambut Monte di Blitar

0 178

Telaga Rambut Monte

Telaga Rambut Monte merupakan salah satu tempat wisata di Blitar yang cukup populer. Telaga indah yang berada di sekitar perkebunan teh ini menyimpan banyak hal unik. Tidak hanya tempat untuk sekedar refreshing, Telaga Rambut Monte menyimpan cerita sejarah dan legenda yang sangat menarik. Dengan adanya Candi Rambut Monte yang berdiri di rimbunnya pohon-pohon tinggi yang menaungi tempat wisata tersebut, Telaga Rambut Monte tidak lepas dari cerita mistis dan misteri ikan dewa.

Telaga Rambut Monte berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Blitar. Rute jalur yang bisa dilalui yaitu Blitar – Garum – Talun – Wlingi – Desa Semen – Tulungrejo – Krisik. Sudah ada petunjuk jalan untuk mengantarkan siapapun yang ingin melihat pesona telaga ini.

Akses jalan menuju lokasi wisata Telaga Rambut Monte sudah beraspal baik meski mendekati lokasi banyak bagian aspal yang rusak, namun masih dalam skala wajar untuk kendaraan. Akses jalan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Meski padat pengunjung, suasana tenang dan sunyi akan tetap menyambut siapapun yang datang. Suguhan pemandangan alam yang hijau sangat memanjakan mata, ditambah air telaga kebiruan bening yang selalu sejuk dipandang. Warung-warung yang berada di pojok-pojok telaga menambah suasana nyaman untuk mengunjungi tempat wisata di Blitar ini.

 Tidak hanya berkeliling memutari Telaga Rambut Monte, ada bangungan beton yang dibangun untuk menikmati pemandangan telaga dari atas. Dulu sebelum dibangun, bangunan ini hanya berupa bangunan kecil dari kayu yang menjorok ke telaga. Kini bangunan di sisi telaga sudah dipugar disertai kolam renang di sisinya yang dilengkapi dengan kamar bilas. Jadi mau memilih berenang di tempat keramat atau di kolam renang.

Keadaan sunyi, tenang dan nyaman yang menghadirkan suasana romantis, kemistisan tempat wisata di Blitar ini juga masih bisa dirasakan di area wisata maupun dari kegiatan masyarakat sekitar. Setahun sekali di lokasi ini diadakan iring-iringan segala jenis kesenian dengan mengorbankan kambing (wedhus kendit). Kambing akan disembelih di desa dan dibawa ke lokasi Rambut Monte, kemudian setelah genduren (slametan), daging dibagikan ke orang-orang desa. Upacara ini bertujuan untuk melancarkan rejeki masyarakat sekitar.

Source http://www.manusialembah.com http://www.manusialembah.com/2016/09/telaga-rambut-monte-blitar.html
Comments
Loading...