Keindahan Wisata Alam Telaga Biru Cianjur Jawa Barat

0 581

Telaga Biru

Telaga Biru merupakan salah satu objek wisata yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Terletak sekitar 1,5 Km dari gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan waktu tempuh sekitar setengah jam perjalanan. Perjalanan menuju Telaga Biru juga merupakan jalur pendakian ke puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango selain searah menuju air terjun/curug Cibeureum. Obyek Wisata Telaga Biru di Cimacan Cianjur Jawa Barat  terletak di Desa Cimacan Kecamatan Cipanas,  Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Berjarak 85 km dari Bandung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan tempat yang ideal untuk “kabur” dari keramaian kota. Taman nasional ini terdiri dari dua gunung kembar (Gede dan Pangrango), Telaga Biru yang memesona, rawa, serta air terjun. Warna danau atau telaga tersebut dapat berubah-ubah secara dramatis antara biru, hijau bahkan terkadang coklat kemerahan akibat siklus tanaman yang hidup di dalamnya. Perjalanan menuju Telaga Biru merupakan jalan selebar 2-3 meter, dengan bebatuan alam tersusun rapi sepanjang jalan. Telaga Biru adalah telaga yang terletak di kaki gunung Gede yang memiliki luas sekitar 500 meter persegi. Air di dalam telaga sering berubah warna secara dramatis, tergantung dari pertumbuhan alga di dalamnya. Terkadang berwarna hijau, coklat, atau biru.

Telaga Biru bukanlah sebuah tempat tujuan wisata alam utama di daerah ini, beberapa pengunjung yang kebetulan singgah di tempat ini menyebutkan bahwa mereka hanya singgah sejenak di Telaga Biru untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju air terjun Cibeureum. Hal ini dimungkinkan karena di sekitar Telaga ini terdapat sebuah Gazebo berukuran 12 meter persegi yang disediakan pengelola Taman Nasional agar pengunjung dapat mengistirahatkan diri sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

Akses Menuju Telaga Biru

Untuk menuju telaga cantik ini disarankan untuk menggunakan kereta api dari Jakarta untuk menghindari macet. Jarak antara Jakarta – Cisoka lumayan jauh dan melewati banyak titik rawan macet yang bisa buat kamu bosan di jalan. Dari Jakarta, naik KRL menuju jurusan Tanah Abang – Maja dan turun di Stasiun Tigaraksa, Tangerang. Dari stasiun ini kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot dan juga ojek. Kamu bisa berjalan sekitar 300 meter dari stasiun menuju pangkalan angkot, lalu naik angkot jurusan Adiyasa-Balaraja dan bilang berhenti di pertigaan gang SMAN 08 Cisoka. Sesampainya di gang, kamu bisa sambung naik ojek maupun berjalan kaki hingga ke gerbang masuk telaga ini. Dari gerbang, kamu harus jalan lagi sekitar 200 meter untuk tiba di Telaga Biru Cisoka yang memiliki pemandangan cantik yang instagrammable.

Source Jalan Wisata Pergi.com
Comments
Loading...