Keindahan Wisata Alam Taman Sungai Mudal di Kulon Progo

0 53

Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal adalah obyek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo, atau sekitar 1 jam dari pusat kota Yogyakarta jika berkendara. Tempat ini berupa kolam pemandian yang airnya selalu nampak jernih dan berwarna toska yang indah. Ekowisata ini diberi nama Taman Sungai Mudal karena air di sini berasal dari mata air Mudal. Serta tampilan sekitar lokasi ini memang dibuat layaknya sebuah taman, dimana orang-orang berkumpul untuk bersenang-senang sembari menikmati pesona alam.

Tempat rekreasi baru di Jogja ini berawal dari inisiatif warga tempat Taman Sungai Mudal berada, yaitu gerakan bersih-bersih di mata air dan bantaran aliran sungai Mudal yang dimulai sejak tahun 2011 oleh masyarakat Banyunganti khususnya RW 05. Menyadari potensi wisata berupa air terjun, kolam pemandian dan renang, flora dan fauna, jeram-jeram, serta pemandangan pegunungan Menoreh yang memikat.

Lokasi Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal dengan administratif berada tepat di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Dan lebih tepatnya lagi berada pada barisan bukit menoreh. Apabila anda sedang berada di jogja lihatlah ke arah  barat maka akan terlihat pegunungan menoreh yang telah terbentang sepanjang Kulon progo. Rata-rata untuk ketinggian perbukitan menoreh lebih dari 2000 mdpl.

Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal

Harga tiket masuk untuk ke tempat wisata Taman Sungai Mudal belum dipungut biaya atau disebut gratis. Pengujung hanya akan di kenakan biaya parkir kurang lebih sebesar Rp.2000,00 untuk motor dan Rp.5000,00 untuk kendaraan roda empat. dan pastinya bukan hal yang mahal, untuk menikmati surga dunia yang tersembunyi pada balik barisan bukit menoreh ini.

Akses Menuju Taman Sungai Mudal

Dari Perempatan Tugu Jogja – Menuju ke arah barat – Perempatan Demak Ijo di Ring road barat – Jalan Godean lurus – Ikuti penunjuk jalan sampai melewati Jembatan Sungai Progo – Ambil arah jalan menuju Goa Kiskenda – Pertigaam Goa Kiskenda lururs – Pertigaan hutan pinus belok kiri ke arah Kokap – Anda tinggal mengikuti papan penunjuk jalan ke Taman Sungai Mudal.

Source https://bonvoyagejogja.com https://bonvoyagejogja.com/taman-sungai-mudal-kulon-progo-jogja/
Comments
Loading...