Keindahan Wisata Alam Sumber Sirah di Kota Malang

0 135

Sumber Sirah

Sumber Sirah merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Gondanglegi, Malang dan letaknya cukup dekat dengan Sumber Maron. Wisata mata air ini memiliki karakter yang nyaris sama dengan Sumber Sirah Tulungagung. Sumber Sirah, seperti namanya merupakan kolam sumber mata air yang jernih dengan pemandangan yang indah. Telaga pemandian satu ini tak hanya seru untuk berendam dan juga bermain air, namun juga untuk olah raga menyelam snorkeling. Di dasar kedalaman kolam, terdapat ganggang hijau yang menjadikan dasar kolam Sumber Sirah tak kalah indah dengan pemandangan di sekitarnya.

Kerap kali, wisatawan yang berkunjung ke Sumber Sirah tak hanya datang untuk menikmati pemandangan sekaligus bermain di sumber mata air. Namun juga mengambil foto untuk Instagram hingga membuat video VLog untuk YouTube. Hal ini tentu saja tak mengherankan mengingat Sumber Sirah memang menyimpan kecantikan alami tersendiri, yang tak akan didapatkan di kota besar di daerah lain. Selain itu, berlibur ke Sumber Sirah juga termasuk wisata alam yang murah. Tiket masuk ke area mata air ini sendiri hanya Rp 1,000 saja per orang yang digunakan untuk biaya parkir. Nyaris semua aktifitas wisata di Sumber Sirah juga gratis, kecuali pengunjung hendak menyewa ban atau perlengkapan snorkeling maka akan terdapat biaya tambahan yang sangat murah.

Fasilitas Wisata Sumber Sirah

Setelah kegiatan dan juga menuju lokasi wisata Sumber Sirah, berikutnya tentu saja fasilitas apa saja yang ada di lokasi wisata alami ini. Sebenarnya tak banyak wisata yang disediakan oleh penduduk maupun pengolah area wisata Sumber Sirah. Selain beberapa warga yang menyewakan ban untuk River Tubbing dan peralatan snorkeling, ada juga kios yang akan menyewakan pakaian renang, case waterproof kamera, kacamata renang, dan juga perlengkapan lain. Kios-kios yang ada di sekitar lokasi wisata juga menjual snack, serta berbagai jenis makanan rumahan lain. Cukup untuk pengunjung mengganjal perut yang keroncongan setelah berenang dan bermain air. Fasilitas lain yang ada, adalah kamar mandi umum dan toilet. Keduanya digunakan gantian dengan biaya Rp 1,000 hingga Rp 3,000. Kamar mandi juga disediakan area ganti dan bilas setelah berenang. Sayangnya belum ada penginapan di daerah wisata Sumber Sirah, mengingat tempat wisata ini memang hanya buka hingga pukul 5 sore saja setiap harinya.

Rute Menuju Sumber Sirah

Seperti yang disadur dari banyak catatan perjalanan wisatawan dari Kaskus dan Google, akses paling mudah menuju Sumber Sirah ialah melalui Kota Malang mengikuti rute kecamatan Bululawang. Perjalanan ke arah selatan ini akan melalui jalur utama Pasar Gadang dan Bululawang atau bisa juga melalui Gor Ken Arok – Bululawang. Di Bululawang nanti, perjalanan dilajutkan hingga pertigaan Pabrik Krebet Senggrong Bululawang dan meneruskan perjalanan kurang lebih 4 kilometer hingga.

PT. Du Pont Pioneer. Melewati pabrik ini kanan jalan akan terdapat pertigaan, terus lurus kemudian belok kanan hingga sampai di Jalan Sunan Ampel. Di sini akan ada penunjuk jalan menuju ke Sumber Sirah. Perjalanan akan dilanjutkan kurang lebih 2 km hingga masuk ke jalur parkir mobil Sumber Sirah. Dari sini pengunjung sudah masuk area perbukitan dan disambut jalan desa yang masih belum nyaman dilewati. Nantinya setelah parkir mobil, perjalanan masih dilanjutkan dengan jalan kaki kira-kira 10 menit melewati jalan berlumpur hingga sampai di mata air.

Source ttps://www.jejakpiknik.com https://www.jejakpiknik.com/sumber-sirah/
Comments
Loading...