Warning: unlink(/tmp/5914058945c6f253f68cbf38062a4c44-2yaVFp.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Wisata Alam Puncak Suroloyo Kulon Progo

0 116

Wisata Alam Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu wisata bukit tertinggi di pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh. Memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan air laut. Puncak Suroloyo merupakan bukit tertinggi di kawasan pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata alam yang memiliki pemandangan indah nan mempesona.

Hal lain yang membuat tempat ini istimewa adalah jika cuaca cerah, biasanya pada pagi hari orang bisa memandang empat gunung besar di Jawa, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Dari tempat ini juga kemegahan Candi Borobudur yang berada di Magelang juga bisa dilihat dengan jelas.

Lokasi Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo berlokasi di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Puncak Suroloyo

Menurut informasi, Puncak Suroloyo memiliki kaitan sejarah dengan Kerajaan Mataram Islam. Dalam Kitab Cabolek yang ditulis Ngabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18 menyebutkan, suatu hari Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kala itu masih bernama Mas Rangsang mendapat wangsit agar berjalan dari Keraton Kotagede kearah barat. Petunjuk itupun diikuti hingga dia sampai di puncak Suroloyo ini. Karena sudah menempuh jarak sekitar 40 km, Mas Rangsang merasa lelah dan tertidur di tempat ini. Pada saat itulah, Rangsang kembali menerima wangsit agar membangun tapa di tempat dia berhenti. Ini dilakukan sebagai syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksana.

Rute Menuju Puncak Suroloyo

Untuk bisa mencapai Puncak Soroloyo dapat memilih 2 jalur yaitu : Dari Yogyakarta – Jalan Godean – Kenteng – Nanggulan – Kalibawang – Suroloyo. Dari arah Semarang atau Magelang : Magelang – Muntilan – Jalan Wates – Kalibawang – Suroloyo. Rute alternatif : ditempuh dengan jalan kaki melalui Borobudur menuju kearah selatan menuju sub terminal Samigaluh selanjutnya menuju arah Suroloyo.

Harga Tiket Puncak Suroloyo

Untuk memasuki kawasan obyek wisata Puncak Suroloyo, anda harus membayar tiket sebesar Rp.2.000,- per orang (2014). Sedangkan bila anda menggunakan jasa ojek rute dari pertigaan Bendo ke puncak Soroloyo pulang pergi, tarifnya Rp. 50.000,-

Source Jalan Wisata njogja
Comments
Loading...