Keindahan Wisata Alam Puncak Sawiyah Majalengka

0 699

Puncak Sawiyah

Puncak Sawiyah adalah salah satu wisata alam sebuah blok perkebunan yang terletak di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Puncak Sawiyah berada tepat berbatasan langsung dengan hutan lindung yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dengan ketinggian kurang lebih 1300 diatas permukaan laut, hal itu menjadikan kawasan Puncak Sawiyah memiliki udara sejuk cenderung dingin.

Keindahan Puncak Sawiyah

Puncak Sawiyah belum sepenuhnya di kelola menjadi objek wisata sehingga bila baraya berkunjung menuju objek wisata ini memiliki keterbatasan kegiatan wisata. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi mereka yang menyukai alam pegunungan dan pesona panorama alam, Puncak Sawiyah memiliki itu semua. Udara yang sejuk tanah yang subur serta melihat aktivitas para petani bercocok tanam adalah sebuah hal yang menentramkan hati dan pikiran setelah berkecimpung dengan aktivitas di perkotaan.

Puncak Sawiyah memiliki pesona alam yang menggumkan, hampir seluruh kawasan pegunungan di Tanah Priangan dapat di lihat dengan jelas dari kawasan ini. Puncak-puncak gunung seperti Cakrabuana, Galunggung, Talaga Bodas, Cikurai, Papandayan, dan lainnya dapat dilihat dengan jelas bila cuaca cerah, seperti pada pagi hari. Bila memandag arah berlawanan dengan panorama tersebut tampak Gunung Gegerhalang dan Gunung Ciremai yang kokoh menjulang dan rimbun dengan hutan lindungnya. Untuk Memasuki kawasan ini anda akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000,-. saja.

Rute Menuju Puncak Sawiyah

Jalan Maja-Talaga – Belok kiri setelah SPBU Tegalsari- Desa Sukasari – Desa Sagara – Desa Tejamulya – Desa Cibunut (pertigaan belok kanan menuju Sangiang) – Blok Pasir Bitung (pertigaan belok kiri) – Blok Sawiyah (belok kiri jalan ada plang puncak sawiyah, dari jalan menuju Puncak Sawiyah sekitar +- 1700 meter). Jalan Maja-Talaga – Desa Cihaur- Masuk Gada-gada Situ Sangiang- Situ Sangiang (lepas situ sangiang ada pertigaan lurus terus – Blok Pasir Bitung (pertigaan belok kiri) – Blok Sawiyah (belok kiri jalan ada plang puncak sawiyah, dari jalan menuju Puncak Sawiyah sekitar +- 1700 meter).

Jarak menuju Puncak Sawiyah dari Pusat Kota Majalengka sekitar +- 25 KM ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Tidak ada transportasi umu menuju Puncak Sawiyah, hanya bisa diakses menggunakan kendaran pribadi/kendaran carter (bak terbuka).

Source Jalan Wisata infomjlk
Comments
Loading...