Keindahan Wisata Alam Puncak Kaliadem Sleman Yogyakarta

0 147

Puncak Kaliadem

Puncak Kaliadem adalah salah satu wisata alam yang memliliki keindahan Gunung Merapi dan jejak ganasnya letusan gunung merapi pada tahun 2006 lalu. Kaliadem terletak di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, ± 25 – 30 km utara Kota Yogyakarta. Kawasan ini dikenal dengan udaranya yang sejuk dan memiliki banyak keindahan dan keunikan alam Keberadaan Gunung Merapi dengan fenomena vulkaniknya, morfologi gunung dan lembahnya, hutan alam dengan keanekaragaman flora dan fauna serta kondisi sosial budaya yang unik merupakan potensi yang sangat besar untuk kegiatan wisata alam. Kali Adem pasca meletusnya Gunung Merapi adalah bunker maut yang terletak di daerah Bebeng. Menurut para pemandu disini, hawa panas di dalam bunker belum sepenuhnya hilang.

Pemandangan disana yang dipenuhi dengan warna hitam, putih, coklat, dan abu-abu. Dedaunan dan pepohonan di sekitar tempat itu kering dan hangus, merupakan salah satu bukti betapa panasnya material yang menghancurkan kawasan tersebut. Tetapi setelah lebih dari sebulan, rumput tampak telah mulai tumbuh kembali. Hijaunya rumput cukup memberi harapan di tengah rimbunnya pepohonan kering. Daerah wisata yang kemudian dikenal dengan wisata lava ini akan dibuka untuk 3 bulan, paling tidak sebelum musim hujan mulai. Karena turunnya hujan bisa saja membawa dampak lain bagi kawasan ini.

Akses Menuju Puncak Kaliadem

Dari Yogyakarta berjarak sekitar 35 km ke arah utara menuju Kaliadem. Sampai saat ini belum ada transportasi umum untuk menuju ke tempat ini. Untuk itu disarankan untuk meggunakan kendaraan pribadi atau memakai jasa rental mobil untuk mengunjungi tempat ini sehingga dapat selain mengunjungi lava tour juga dapat menikmati obyek-obyek lainhya dengan mudah. Wilayah Kaliadem telah ramai oleh warung-warung yang menjual makanan dan minuman ringan serta aneka souvenir bagi pengunjung. Apabila wisatawan berniat ingin bermalam di kawasan lereng Merapi maka dapat mencari penginapan murah di Kaliurang yang terletak di sebelah Barat Kaliadem. Ditempat tersebut juga banyak tersedia warung makan penjaja kuliner khas Kaliurang yaitu sate kelinci, Jadah dan tempe bacem. Tak jauh dari tempat tersebut terdapat beberapa obyek wisata menari seperti : Tlogo Putri, Taman Kaliurang dan Gardu Pandang Merapi.

Untuk mengunjungi destinasi bekas amukan lava Gunung Merapi, kita bisa mengikuti lava tour. Dengan membayar mulai Rp. 350 ribu per jeep, 1 jeep berisi 5 dewasa, kita udah bisa merasakan serunya off road ke Merapi. 1,5 jam kami mengelilingi Merapi. Ke batu alien, museum ini omahku merupakan saksi bisu kehebatan Merapi. Yang pasti Merapi menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Source https://www.dimedan.co https://www.dimedan.co/indonesia/wisata-bunker-kaliadem-merapi-jogja-kaliurang-harga-tiket-masuk-lava-tour/amp
Comments
Loading...