Keindahan Wisata Alam Pulau Santen di Banyuwangi

0 162

Pulau Santen

Pulau Santen ini merupakan salah satu wisata pulau yang berada di Banyuwangi Pulau Santen ini terletak di Desa Karangharjo, sebelah selatan Stasiun Banyuwangi lama, Jawa Timur. Pantai ini berada dalam wilayah perairan Selat Bali. Dinamakan Pulau Santen karena didalamnya banyak ditumbuhi pohon yang dikenal oleh masyarakat Banyuwangi dengan nama pohon santen. Saat pagi hari, Pantai ini menyajikan pemandangan yang indah dikala cuaca cerah.

Di Pulau Santen juga terdapat sungai yang berarus tenang mengalir sepanjang dua kilo meter lebih memisahkan Kota Banyuwangi dan pulau kecil Pulau Santen yang dikelilingi mangrove berusia limaratus sepuluh tahun lebih. Di tengah muara sungai terdapat sebuah delta yang membentuk pulau mangrove kecil. Dilihat dari jembatan tampak eksotis.

Apalagi di sekitar delta itu akan ada beberapa warga sedang mencari kijing, sejenis kerang kecil. Mereka terlihat seperti sedang berendam. Air sungai tampak terbelah oleh delta mangrove tersebut. Arusnya begitu tenang menuju muara. Cocok untuk diarungi dengan perahu kecil atau sepeda apung. Pengunjung bisa melihat ikan-ikan kecil di air yang jernih, binatang-binatang laut, dan burung yang hinggap di ranting tanaman bakau.

Akses Menuju Pulau Santen

Untuk menuju ke pulau kecil tersebut, para pengunjung tidak perlu repot atau kesulitan, karena untuk menuju ke wisata tersebut infrastruktur jalan sudah baik, mobil, motor dan bus-pun bisa menjangkaunya, angkutan lokal seperti ojek dan becak juga siap mengantarkan wisatawan ke tempat obyek wisata yang berjarak hanya sekitar tiga kilometer dari jantung Kota Gandrung tersebut.

Pulau Santen

Ketika melintasi jalanan menuju Pulau Santen, para pengunjung akan disuguhi pemandangan bangunan peninggalan sejarah Stasiun lama Banyuwangi yang dibangun tahun 1985 di ketinggian +6M yang kini sudah menjadi pasar tradisional atau sering disebut Pasar Pujasera, 500 meter melangkah terdapat Kklenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi tempat sembahyangan keturunan Tionghoa dengan ciri khas dan karakter yang kental dengan Budaya Cina ( china town ).

Source http://www.eastjava.com http://www.eastjava.com/tourism/banyuwangi/ina/pulau_santen_beach.html
Comments
Loading...