Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-afnJ4K.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Wisata Alam Perkebunan Teh Rancabali Bandung

0 146

Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali merupakan destinasi wisata kebun yang terletak di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, merupakan salah satu obyek wisata alam di Bandung selatan. Berada sekitar 50 Km di sebelah selatan kota Bandung pada ketinggian 1.628 diatas permukanaan laut dan suhu 16 – 26 derajat Celcius, perkebunan Teh Rancabaki berlokasi tidak jauh dari obyek wisata kawah putih dan bumi perkemahan Ranca Upas. Perkebunan ini mengolah dua komoditi yaitu teh dan kina yang di dukung oleh keberadaan pabrik pengelolahan teh CTC dan Orthodoks.

Keindahan Perkebunan Teh Rancabali 

Keindahan perkebunan teh yang menghijau itu sepertinya tidak cukup, karena masih ada area alam lain yang membuat wisatawan betah berada disana, yaitu beberapa titik air terjun kecil bertingkat di tepian – tepian pohon teh yang terletak di sisi kanan kalau kita menuju objek wisata lain Situ Patenggang. Semua orang yang pernah ke sana setuju, kalau hamparan pucuk – pucuk daun teh dengan daun yang berwarna hijau kekuningan bak permadani yang luas, bisa membuat mata rehat dan serasa ingin merebahkan diri di atasnya.

Para wisatawan yang datang pun tidak bosan – bosannya mengabadikan keindahan alam Rancabali dengan memotret berbagai wilayahnya. Selain menikmati pemandangan kebun teh, anda juga bisa melakukan kunjungan wisata ke pabrik teh Rancabali. Anda bisa melihat proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai pengolahan teh. Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan tea walk dengan rute sejauh 2 Km, 3 Km, atau 4 Km.

Sejarah Perkebunan Teh Rancabali 

Menurut sejarahnya, perkebunan teh Rancabali di bangun sejak tahun 1870 dan di perkebunan ini terdapat makan dan rumah peninggalan K. A. R. Bosscha. Alam Rancabali tidak hanya bisa membuat sejuk mata dan hati, namun lebih dari itu, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari hamparan daun hijau dan kuning bak permadani yang kita sebut sebagai daun teh.

Akses Menuju Perkebunan Teh Rancabali 

Menuju lokasi perkebunan teh Rancabali sama dengan menuju tempat wisata lainnya yang ada di kawasan Bandung selatan seperti : wisata petik strawberi – Ciwidey, obyek wisata kawah putih Ciwidey dan penangkaran rusa Rancaupas. Bagi pengunjung dari jakarta dapat melewati tol Cipularang kemudian keluar di pintu tol Kopo Bandung menuju selatan tepatnya menuju Soreang kemudian Ciwidey, dari pintu tol Kopo sampai Ciwidey apabila di tempuh menggunakan mobil pribadi waktu yang di tempuh sekitar 30 – 60 menit tergantung kondisi ramai tidaknya jalan. Dari Ciwidey wisatawan menuju ke arah Situ Patengggang, nantu wisatawan akan mendapatkan sebuah jalan yang bagian kiri dan kanannya penuh dengan pemandangan hamparan teh yang menghijau. Nah itulah lokasi obyek wisata perkebunan teh Rancabali.

Source Jalan Wisata Daftarpariwisata.indonesia
Comments
Loading...