Keindahan Wisata Alam Pantai Wohkudu di Guungkidul

0 135

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu merupakan salah satu wisata alam yang mempunyai keindahan alam yang diapit oleh tebing karang yang cukup tinggi dan tidak ada jalan naik untuk ke atas tebing. Terlihat masing-masing puncak tebing dipenuhi tanaman khas tepi pantai yang tumbuh cukup lebat dan tidak memberikan celah. Bila beruntung, pengunjung dapat melihat dan mendengar bunyi burung liar yang hidup disekitar kawasan pantai tersebut. Suara alam deburan ombak serta burung-burung berterbangan bebas seakan membuat hari Anda sempurna jika berada di sini.

Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Pantai Wohkudu yang masih tampak alami ini. Bila kondisi pantai sedang surut, terlihat dasar laut yang berupa karang memanjang lebih dari 50 meter ke arah laut dalam. Diantara celah-celah karang tersebut kadang terlihat beberapa ikan kecil yang tersangkut. Beberapa hewan laut lain seperti bubu babi, bintang laut, dan ubur-ubur kadang ditemukan pada lubang karang.

Lokasi Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu terletak di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Untuk sampai ke tempat ini kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kota Yogyakarta melalui rute Jogja – Imogiri – Panggang.

Akses Menuju Pantai Wohkudu

Dari Terminal Giwangan silahkan jalan terus ke arah selatan menyusuri Jalan Imogiri Timur – Imogiri – Selopamioro – Panggang. Jalan dari Selopamioro hingga Panggang berupa tanjakan dengan pemandangan indah di kanan kirinya. Pastikan kondisi kendaraanmu dalam keadaan prima sebelum melewati jalan ini. Setelah sampai di Panggang, ikuti saja jalan hingga menjumpai pertigaan dengan pohon beringin besar. Amatilah pohon tersebut karena disitu ada papan penunjuk jalan ke arah Pantai Gesing.

Ikuti saja penunjuk arah tersebut sampai bertemu perempatan dengan pohon di tengah-tengahnya. Kemudian belok ke kanan dan ikuti jalan hingga menemukan gang dengan papan penunjuk ke arah Pantai Kesirat yang memang satu area dengan Pantai Wohkudu. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan yang menandakan lokasi Pantai Wohkudu dengan tempat parkir serta warung sederhana di sebelahnya. Disitulah batas terakhir kendaraan kamu, karena selanjutnya untuk sampai ke Pantai Wohkudu harus ditempuh dengan berjalan kaki menuruni bukit.

Harga Tiket di Pantai Wohkudu

Berhubung pantai ini belum dikelola untuk aktivitas wisata, maka belum ada tiket yang harus dibayarkan untuk masuk ke kawasan Pantai Wohkudu. Kamu hanya perlu membayar portal di desa terakhir sebelum masuk ke wilayah Pantai Kesirat dan Pantai Wohkudu. Biayanya sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Selain itu kamu harus membayar biaya parkir.

Source https://www.maioloo.com https://www.maioloo.com/tempat-wisata/yogyakarta-jogja/pantai-wohkudu/
Comments
Loading...