Keindahan Wisata Alam Pantai Watulawang Gunungkidul

0 169

Pantai Watulawang

Pantai Watulawang merupakan salah satu pantai yang terdapat di Yogyakarta. Pantai ini menawarkan keindahan pemandangannya berupa bebatuan karang dengan pasir putihnya. Pantai ini diapit oleh dua pantai yang sudah terkenal lebih dahulu, yaitu Pantai Indrayanti yang terletak di sebelah Barat dan Pantai Pok Tunggal yang terletak di sebelah Timur pantai Watulawang ini.

Disebut Pantai Watulawang karena di pantai ini terdapat gua batu yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk Upacara Adat Sadranan atau yang biasa disebut dengan Upacara Nyadran (upacara adat yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban dalam kalender Hijriah atau kalender Islam). Dan pintu batu tersebut hanya terbuka dan bisa dimasuki oleh orang banyak pada acara adat nyadran itu saja. Menurut para sesepuh  goa yang menurut warga sekitar merupakan jejak tilas dari Prabu Brawijaya VI. Disebut Goa Watulawang karena terdapat batu yang berbentuk seperti pintu yang berada di mulut goa tersebut.

Keindahan Pantai Watulawang 

Suasana pantai ini masih tergolong sepi, dan banyak terdapat karang-karang besar di bibir pantai, bisa anda gunakan untuk foto-foto dengan teman, pacar, atau keluarga. Pasir pantai termasuk luas dengan warna putih kecoklatan, khas pasir pantai selatan jogja.

Lokasi Pantai Watulawang

Pantai Watulawang ini tepatnya terletak di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Pok TUnggal, alias di tengah tengahnya. Jaraknya sekitar 1 km dari Pantai Indrayanti.

Rute Menuju Pantai Watulawang

Untuk menuju ke Pantai Watulawang, cukup mengikuti jalur utama menuju Pantai Selatan Gunung Kidul. Setelah melewati gerbang Retribusi, langsung ikuti arah ke Pantai Indrayanti, setelah itu terus ikuti jalur ke Timur sekitar 800 meter dan ada plang penunjuk ke Pantai Watulawang. Dari jalan utama harus masuk sekitar 200 meter ke selatan. Sayangnya kondisi jalan belum aspal dan masih sempit hanya cukup untuk satu mobil.

Harga Tiket Masuk Pantai Watulawang

Harga Tiket Masuk Pantai Watulawang jadi satu di Gerbang Retribusi yaitu sebesar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil. Fasilitas yang ada di Pantai Watulawang cukup lengkap mulai dari kamar mandi, warung warung makan minum, dan gazebo.
Source https://www.njogja.co.id https://www.njogja.co.id/wisata-pantai/pantai-watulawang-gunungkidul-bersih-dan-eksotik/
Comments
Loading...