Keindahan Wisata Alam Pantai Watu Ulo di Jember

0 46

Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo adalah salah satu destinasi wisata andalan yang dimiliki Jember. Cerita mistis di balik ekotisnya keindahan pantai membuat banyak pengunjung tertarik menginjakkan kaki di pantai ini. Batu karang yang bentuknya mirip ular yang terurai dari bibir pantai hingga tepi laut yang menjadi daya tarik wisatawan Pantai Watu Ulo. Selain itu, ombak yang tidak begitu besar serta hamparan laut berwarna biru semakin menambah pesona Pantai Watu Ulo. Tapi, mungkin banyak dari pelancong yang bertanya-tanya mengapa pantai ini dinamai Pantai Watu Ulo.

Keindahan Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo ambulu Jember merupakan pantai dengan pasir pantai berwarna putih namun lebih condong ke warna putih kecoklatan. Tempat yang mencolok di tempat ini adalah keberadaan gundukan batu besar memanjang seperti jembatan yang menjorok ke laut. Ada yang mengatakan bahwa batu ini jika dilihat sekilas mirip seperti ular yang bersisik. Sebenarnya kesan sisik tersebut adalah karena batu yang memanjang terbentuk dari batu-batu kecil yang yang menyusun batu tersebut.

Lebih-lebih karena permukaan batunya yang terdapat garis-garis, sehingga memperkuat kesan adanya sisik pada batu.Batu memanjang itulah yang mendasari penamaan pantai ini dengan nama Pantai Watu Ulo. Watu dalam bahasa jawa memiliki arti batu, sedangkan ulo berarti ular, jika digabungkan, arti Watu Ulo adalah batu ular. Ada beberapa versi cerita legenda Pantai Watu Ulo. Sama saja. Cerita-cerita tersebut mengarah pada terbentuknya batu memanjang mirip ular yang ada di Pantai Watu Ulo di Jember.

Akses Menuju Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo berada di Desa Sumberejo, kecamatan Ambulu atau kurang lebih 40 kilometer dari kota Jember ke arah Selatan. Terdapat dua jalur yang bisa dilalui untuk menuju ke Pantai Watu Ulo. Jika pengunjung dari arah Surabaya, maka bisa menggunakan jalur ke arah Pasuruan lalu diterukan hingga ke Probolinggo, Lumajang, Tanggul, Jember, Ambulu sampai akhirnya tiba di Pantai Watu Ulo. Tapi jika datang dari arah Denpasar, wisatawan bisa mengarah ke Banyuwangi, Jember.

Source https://tempatwisataindonesia.id https://tempatwisataindonesia.id/pantai-watu-ulo-jember/
Comments
Loading...