Keindahan Wisata Alam Pantai Watu Lumbung di Gunungkidul

0 181

Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung merupakan salah satu wisata alam bagian dari kawasan Pantai Wediombo Gunungkidul yang belum lama ini dikembangkan menjadi obyek wisata. Panorama pantai ini terbilang unik karena berupa pantai karang dimana terdapat batuan yang menjorok ke tengah laut membentuk daratan seperti pulau kecil. Beberapa informasi menyebutkan bahwa daratan tersebut atau Watu Lumbung terbentuk dari letusan gunung api purba jutaan tahun yang lalu.

LokasiPantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung (watulumbung) berada di kawasan Gunung Batur, dusun Widoro, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Merupakan salah satu pantai yang terbentuk akibat letusan gunung api purba dengan bongkahan batu raksasa yang tampak seperti pulau yang terpisah dengan daratan.

 

Fasilitas Di Pantai Watu Lumbung

Bila berkunjung ke Pantai Watu Lumbung sebaiknya membawa bekal seperti air minum sendiri. Karena di pantai ini belum tersedia warung yang menyediakan makanan dan minuman. Perjalanan dari tempat parkir sampai pantai juga cukup menguras tenaga. Untuk itu akan lebih baik bila Anda menyediakan bekal sendiri. Namun, sebagai pengunjung jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan pantai. Selain itu fasilitas untuk penginapan maupun hotel belum tersedia di dekat pantai ini. Lokasinya yang berada agak jauh dari keramaian belum banyak dikenal dan hanya dikenal bagi orang yang gemar memancing. Dan tiket masuk ke pantai ini cukup membayar Rp.5.000 dan ongkos parkir murah bukan.

Rute Menuju Pantai Watu Lumbung

Dari kota Yogyakarta Pantai Watu Lumbung ini berjarak kurang lebih 90km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.
=>
Yogyakarta > Ringroad jalan Wonosari. (perempatan Ketandan) > perempatan Sampaan > pertigaan Piyungan > Bukit bintang > Patuk. > Sambipitu > Bunder > Gading > Siono > Wonosari > Jl. Baron > Mulo > Tepus > Purwodadi > pertigaan ke pantai siung (lurus saja) > Balong > Jepitu ( ada pasar di pertigaan Jepitu ambil arah kanan kalau menuju Pantai Wediombo) > Setelah TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) sebelum sampai di pantai Wediombo belok ke kanan ke arah jalan cor blok ( lihat plakat menuju arah pantai Watu Lumbung dan juga gunung api purba Batur) ikuti jalan cor blok tersebut melalui ladang-ladang penduduk > ambil arah kiri (lihat plakat arah pantai Watu lumbung, gunung api purba Batur, bukit pengilon) > Pantai Watu Lumbung.

Source http://piknikasik.com http://piknikasik.com/pantai-watu-lumbung-gunungkidul-batu-karang-si-penantang-laut-selatan
Comments
Loading...