Keindahan Wisata Alam Pantai Ungapan di Kota Malang

0 151

Pantai Ungapan

Pantai Ungapan merupakan salah satu wisata alam yang terletak di antara Pantai Goa Cina dan Pantai Bajul Mati yang bersebelahan. Pantai Ungapan masih satu area dengan Pantai Bajul Mati, namun karena Pantai Bajul Mati yang sangat panjang, sehingga di bagi menjadi beberapa bagian salah satunya Pantai Ungapan, semua pantai di wilayah ini dikelola oleh Perhutani dan masyarakat sekitar.

Nama Ungapan di ambil dari Bahasa Jawa yang berarti muara sungai atau pertemuan antara laut dan sungai. Dan memang terdapat muara di sekitar pantai ini yang sering dipergunakan oleh wisatawan untuk berenang, harga tiket masuk Pantai ungapan sebesar Rp.5.000 per orang yang tersedia diloket, dan biaya parkir untuk roda dua Rp.3.000 dan roda empat sebesar Rp.5.000.

Keindahan Pantai Ungapan

Pantai Ungapan memiliki pasir campuran pasir hitam dan pasir putih sehingga tidak terlalu halus. Gelombang ombak yang membalut dengan pasir dan bebatuan yang ada di bibir Pantai Ungapan, jika pada waktu siang hari pasir yang ada di Pantai Ungapan terasa panas, dan waktu paling bagus pada waktu sore atau pagi hari. Di Pantai Ungapan disarankan tidak berenang, karena mengingat gelombang ombak yang cukup besar yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Namun anda juga bisa menikmati panorama alam dan bermain air di dekat muara sungai, atau juga melihat terbenamnya matahari yang sangat cantik dan sayang jika dilewatkan. Di sepanjang Pantai Ungapan terdpat gazebo sederhana yang berjajar sepanjang tepi pantai dari timur memanjang ke barat. Di belakang gazebo terdapat rumput dan tanaman pohon kelapa yang menambah kesan tersendiri di pantai ini, dan para wisatawan tak jarang menggelar tikar untuk bersantai dan dijadikan tempat beristirahat.

Rute Menuju Pantai Ungapan

Pantai Ungapan terdapat di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. jarak dari Kota Malang sekitar 75 KM dan akan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk menuju pantai ini, jika anda dari arah kota Malang  anda bisa mengabil arah ke selatan atau menuju Bululawang, di Bululawang anda akan menemukan papan petunjuk arah ke Turen, di pertigaan Turen atau di sebut dengan telon manjing ( Pertigaan mau ke Sumbermanjing Wetan) belok kekanan ikuti arah ke Pantai Sendang Biru.

Dengan jalan yang cukup mulus namun berkelok-kelok serta melewati pegunungan dan hutan. Setelah melewati hutan dan pegunungan terdapat pertigaan Pantai Sendang Biru yang merupakan jalur lintas selatan (JLS) ambil arah kekanan yang menuju Pantai Bajul Mati dan Pantai Goa Cina, yang satu rute ke Pantai Ungapan. Sesudah itu anda akan menumukan jembatan Bajul Mati, jika anda sudah menemui jembatan berarti anda sudah dekat dengan Pantai Ungapan dan tanyalah warga sekitar terletak Pantai Ungapan jika anda kebingungan.

Source http://malangtraveller.net http://malangtraveller.net/pantai-ungapan-malang-selatan-yang-eksotis/
Comments
Loading...