Keindahan Wisata Alam Pantai Torohudan Gunungkidul

0 177

Pantai Torohudan

Pantai Torohudan merupakan kawasan pantai tersembunyi disebelah timur Pantai Ngrenehan Gunungkidul. Pantai ini cukup sempit dengan hamparan pasir pantai berwarna putih. Pada kedua sisinya terdapat dua tebing yang cukup tinggi dan menjorok ke tengah laut. Kawasan Pantai Torohudan yang cukup tersembunyi ini cocok digunakan sebagai lokasi camping dan berkemah. Pantai Torohudan (Toroudan) terletak disebelah timur Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai ini tidak berpenghuni dan bukan merupakan kawasan wisata, hanya saja kadang digunakan para pecinta alam untuk berkemah dan jelajah pantai.

Keindahan Pantai Torohudan

Pantai Toroudan, salah satu yang menarik dari Pantai Toroudan ini adalah perjalanan menuju ke sana dan pemandangan pantainya yang masih alami. Karena pada saat itu kami dari Pantai Ngrenehan, kami pun memilih untuk memulai perjalanan ke Pantai Toroudan ini dari sana. Dari gardu pandang sebelah timur Pantai Ngrenehan kami berjalan ke atas bukit untuk menuju Pantai Toroudan. Sesampainya di atas bukit, kami disambut oleh perkebunan jagung warga yang terhampar luas. Dari bukit tersebut kita juga bisa melihat Pantai Ngrenehan dari atas bukit.

Selain itu didukung dengan pasir putihnya yang halus, dan air lautnya yang tenang diatas lantai karang tentu menjadikan keindahan tersendiri bagi Pantai Toroudan ini. Di sana kita juga bisa melihat aneka biota laut seperti terumbu karang, rumput laut, dan ikan-ikan kecilyang berenang di atasnya. Perjalanan panjang yang melelahkan pun terbayar dengan keindahan tersebut.

Namun bagi anda yang ke sana, pastikan untuk berhati-hati. Karena Pantai Toroudan masih dalam pengembangan dan masih sepi, jadi pastikan untuk berhati-hati di bawah tebing atau reruntuhan tebing tersebut. Sekedar untuk keselamatan dan kenyamanan anda saat berkunjung ke sana. Selain itu pastikan juga untuk tidak pulang terlalu sore, karena lokasinya yang cukup terpencil dan harus menempuh perjalanan untuk pulang, sehingga gunakanlah waktu sebaik-baiknya.

Akses Menuju Pantai Toroudan

Untuk berkunjung ke Pantai Toroudan, yaitu dari arah utara pantai dan dari Pantai Ngrenehan. Untuk yang dari arah utara kita bisa melewati jalan Pantai Ngrenehan dan lurus ke timur mengikuti jalan besar tersebut. Kemudian kita harus berjalan kaki menuju selatan melalui jalan setapak yang sering digunakan oleh warga saat menuju kebun mereka. Sedangkan apabila menggunakan jalur dari Pantai Ngrenehan, kita bisa mengambil jalur dari gardu pandang sebelah timur Pantai Ngrenehan. Kemudian kita berjalan mengikuti jalan setapak perkebunan warga dan berjalan melewati bukit tersebut. Perjalanan yang ditempuh cukup jauh, namun sepanjang perjalanan akan tersaji pemandangan indah yang tentu membuat perjalanan anda terasa menyenangkan.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/pantai-torohudan-gunungkidul.html
Comments
Loading...