Keindahan Wisata Alam Pantai Serang di Blitar

0 313

Pantai Serang

Pantai Serang merupakan salah satu wisata ala yang berada di Desa Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur. Berada sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Blitar dan membutuhkan waktu sekitar satu jam menggunakan kendaraan bermotor. Akses jalan ke Pantai Serang sudah beraspal cukup bagus hingga ke lokasi wisata pantai. Setelah dikelola pemerintah, wisatawan akan lebih mudah berwisata ke Pantai Serang,

Pesisir tempat wisata Pantai Serang Blitar ini sangat teduh dengan adanya pepohonan rindang yang didominasi pinus. Banyak meja kursi berderet di tepi pantai seolah mengajak wisatawan untuk duduk sejenak menikmati angin semilir sambil beristirahat dari perjalanan panjang. Di setiap meja sudah tersedia buku nota, bolpoin dan daftar menu. Siapa saja bisa hanya duduk atau memesan menu yang disediakan. Meski hanya ada beberapa menu standart untuk sedekar mengganjal perut lapar, tentu saja minum kelapa original maupun bakar adalah menu favorit yang cocok dihidangkan di pinggir pantai.

Pantai Serang merupakan tempat penyu-penyu bertelur. Oleh karena itu di lokasi wisata ini juga terdapat tempat konservasi penyu. Konservasi Penyu Pantai Serang didirikan untuk menggugah kepedulian masyarakat terhadap konservasi penyu. Hal ini didukung pemerintah setelah mengadakan Bimtek Konservasi Penyu pada Juni 2014. Tentu saja hal ini menambah daya tarik Pantai Serang Blitar karena pada bulan-bulan tertentu, melepas tukik-tukik ke laut adalah hal yang ditunggu-ditunggu masyarakat sekitar sekaligus pengalaman baru bagi wisatawan.

Selain kegiatan melepas tukik ke laut, ritual larung saji satu suro juga diadakan di Pantai Serang Blitar ini. Ritual larung saji ini biasanya dihadiri oleh bupati dan para kerabat serta masyarakat sekitar. Puncak dari ritual ini adalah melarung kepala lembu (sesaji) ke tengah laut. Kegiatan larung saji maupun pelepasan tukik adalah momen menarik di Pantai Serang yang tidak boleh dilewatkan. Siapapun bisa menyaksikan momen yang jarang terjadi. Jadi, ketahui jadwalnya dan selamat menunggu waktu.

Source http://www.manusialembah.com http://www.manusialembah.com/2016/09/pantai-serang-blitar.html
Comments
Loading...