Keindahan Wisata Alam Pantai Sepanjang di Gunungkidul

0 132

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang berada di wilayah Gunungkidul dan berjejeran satu sama lain dengan pantai lainnya yang berjarak tidak terlalu jauh. Sekilas pantai ini membentang panjang dengan hamparan pasir yang indah dan tidak terlalu jauh dari jalan utama untuk menuju pantai ini. Letak dari Pantai Sepanjang ini terdapat di Daerah Tanjungsari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten GunungKidul, DIY.

Pantai ini berdekatan sekali dengan Pantai Kukup, Pantai Sanglen, Pantai Watu Kodok dan pantai Drini. Jaraknya hanya berkisar antara 1 – 8 Km dari pantai lainnya. Pantai Sepanjang ini sering kali di kaitkan dengan pantai kuta di Bali, dan masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan sebutan pantai kuta tempoe doeloe di Yogyakarta. Karena suasana di Pantai Sepanjang  ini memang seperti di pantai kuta Bali yang terkenal itu. Hamparan pasir putih yang memanjang, dengan ombak yang tidak begitu besar.

Eksotisme Pantai Sepanjang

Karang-karang akan muncul di bibir pantai yang merupakan habitat dari anekaragam kehidupan biota laut ketika air laut sedang surut. Para pengunjung dapat menemukan ikan-ikan kecil, kerang-kerangan, anggang laut, bulu babi, bintang laut dan rumput laut yang terdapat dalam lubang atau cekungan pada batu karang. Para penduduk setempat menggunakan masa ketika air laut sedang surut untuk berburu rumput laut, kerang-kerangan dan makhluk laut lainnya untuk dikonsumsi sendiri ataupun dapat diolah dan dijual kembali. Penduduk menyediakan aneka makanan dan minuman hasil laut setempat yang terdapat di sekitar pinggir pantai di bawah gubuk-gubuk beratapkan daun kering yang sangat eksotis.

Fasilitas Pantai Sepanjang

Fasilitas yang terdapat di pantai Sepanjang cukup lengkap yaitu rumah makan dan beberapa tempat penginapan bisa disewakan untuk penginapan di pantai ini. Jadi bagi para wisatwan tidak perlu khawatir lagi masalah perbekalan, disana banyak sekali penjual makanan dan minuman dari mie instant sampai seafood. Di pantai sepanjang juga sudah terdapat fasilitas kamar mandi dan toilet yang bersih, hanya saja jumlahnya masih terbatas, Sehingga bagi wisatawan yang ingin menggunakan nya  harus antri dulu. tarif toiletna murah kok 2.000 untuk BAK dan BAB. dan 5.000 untuk mandi.

Akses Menuju Pantai Sepanjang

Lokasi dari pantai sepanjang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, kurang lebih 65 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 Jam 30 Menit jika keadaan tidak macet. Dari pusat kota menggunakan jalan Imogiri barat – diteruskan menuju jalan Siluk Panggang terus lurus ke arah tenggara – hingga tertuju ke jalan Pantai sel. Jawa, jika sudah menjumpai pantai sel. Jawa sebaiknya bertanya pada masyarakat sekitar agar tidak menyesat. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi agar lebih sederhana dan juga bebas, tetapi jangan khawatir jika anda berlibur ke kota Yogyakarta tidak menggunakan kendaraan pribadi. Disini anda dapat menggunakan jasa sewa motor jogja atau jasa sewa mobil Jogja untuk mempermudah anda melakukan liburan ke tempat wisata yang dapat anda kunjungi di Yogyakarta.

Source http://piknikasik.com http://piknikasik.com/pantai-sepanjang-gunungkidul-eksotisme-pantai-terpanjang-di-jogja
Comments
Loading...