Keindahan Wisata Alam Pantai Sembilan di Sumenep

0 160

Pantai Sembilan

Pantai Sembilan merupakan salah satu wisata alam yang tepatnya terletak di Desa Bringsang, Kecamatan atau Kepulauan Gili Genting, Kabupaten Sumenep. Di kawasan Madura, Kabupaten Sumenep memang sudah tersohor sebagai andalan objek wisata setempat. Karena itu, tidak mengherankan jika wilayah ini mendapat julukan “The Soul of Madura”.

Sebelum membahas mengenai Pantai Sembilan, kita kupas sedikit mengenai Pulau Gili Genting. Pulau ini merupakan pulau yang berada di kawasan Kabupaten Sumenep dan terletak sebelah tenggara Pulau Madura dengan luas mencapai 30,31 km persegi. Gili Genting merupakan kecamatan yang dibentuk pada tanggal 7 April1982, sebagai hasil dari pemekaran kecamatan Bluto (sebuah kecamatan di selatan Kota Sumenep).

Kecamatan Gili Genting meliputi wilayah Desa Aenganyar, Bringsang, Galis, Gedugan, Jete  Banbaru, Banmaleng, dan Lombang. Masing-masing wilayah tersebut terletak di Gili Genting dan Gili Raja, dan penduduk pulau ini secara keseluruhan merupakan suku asli Madura.

Rute Menuju Pantai Sembilan

Untuk menuju pantai ini, wisatawan memang disarankan menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor karena memungkinkan diangkut menggunakan perahu penyeberangan. Jika Anda datang dari arah Surabaya, Anda bisa langsung menuju Jembatan Suramadu, kemudian ke Tangkel Bangkalan, dan ke arah timur menuju Sampang dan Pamekasan.

Setibanya di Pamekasan, perjalanan dilanjutkan dengan melewati Pantai Talang Siring, Kadura Barat (perbatasan ujung timur Pamekasan). Setelah itu, diteruskan dengan melewati Sumber Bheceng Kaduara Timur Sumenep (pemandian obat penyakit kulit di perbatasan Pamekasan-Sumenep bagian barat), lalu ke Prenduan, Karduluk, Kapedi, Pekandangan, dan Bluto. Nah, setelah itu, Anda akan memasuki kawasan Kecamatan Saronggi, kemudian belok kanan menuju Pelabuhan Tanjung.

Untuk menuju pantai ini, wisatawan memang harus menggunakan akses penyeberangan melalui jalur laut. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai 45 menit menggunakan perahu motor kecil jika berangkat dari Pelabuhan Tanjung, Saronggi, Sumenep atau Pelabuhan Pagar Batu, Bluto dengan biaya sewa sekitar Rp10.000 per penumpang, dengan tambahan Rp10.000 jika ada motor sebagai barang bawaan. Setelah sampai di Pelabuhan Bringsang, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan menumpang kendaraan roda dua (ojek) atau berjalan kaki jika wisatawan lebih ingin mengeksplorasi keindahan pulau tersebut.

Fasilitas di Pantai Sembilan

Pantai Sembilan bisa dibilang sebagai objek wisata yang ekonomis karena pengunjung tidak dikenakan tiket masuk untuk bisa berwisata ke tempat tersebut. Namun, fasilitas yang disediakan di pantai ini memang masih minim. Jika wisatawan ingin mengisi perut yang kosong dan kebetulan tidak membawa bekal dari rumah, bisa menikmati beberapa dagangan yang dijajakan di sekitar objek wisata. Meski begitu, pengelola setempat sedikit demi sedikit telah menyediakan fasilitas penunjang, seperti saung di pinggir pantai untuk bersantai, arena bermain anak seperti ayunan, dan juga lahan parkir kendaraan.

Source https://penginapan.net https://penginapan.net/pantai-sembilan-gili-genting-sumenep-objek-wisata-asri-dan-ekonomis/
Comments
Loading...