Keindahan Wisata Alam Pantai Samas di Bantul Yogyakarta

0 204

Pantai Samas

Pantai Samas merupakan salah satu wisata bahari yang terletak di sebelah barat pantai Parangtritis, tepatnya di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, sekitar 14 (empat belas) kilometer arah selatan Kota Bantul. Dari Yogyakarta, Anda dapat menuju ke arah barat daya kurang lebih sejauh 35 (tiga puluh lima) kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai Samas cukup mudah untuk dicapai dengan kendaraan, baik pribadi maupun umum, karena prasarana jalan yang telah dibangun dengan baik. Perjalanan pun cukup menyenangkan karena melewati bentangan sawah yang menghijau dan banyak pohon kelapa di pinggir jalan.

Pantai Samas ini terkenal dengan keindahan pantainya yang disertai dengan angin kencang, ombak laut yang besar, delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga yang digunakan untuk pengembangan ikan dan udang galah. Namun perlu diperhatikan bentukan bibir pantai yang agak curam sehingga Anda disarankan untuk tidak mandi di pantai Samas karena cukup bahaya.

Daya Tarik Pantai Samas

Di pantai alami yang berpasir putih ini, Anda juga dapat menikmati keindahan laut dengan menaiki Mercusuar Patehan. Selain itu juga telah dikembangkan terminal, tempat parkir, MCK, penginapan, SAR, jaringan listrik, mushola, dan rumah makan. Di tempat itu, Anda dapat pula menyaksikan usaha pemeliharaan ikan dan udang yang dilakukan oleh Sub Dinas Perikanan Propinsi DIY. Beberapa upacara adat juga dilakukan di Pantai Samas ini seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro, Labuhan Sedekah Laut, Pentas Seni Budaya (saat liburan dan lebaran).

Harga Tiket Masuk Pantai Samas

Untuk tiket masuk tempat wisata Pantai Samas ini per orang Rp. 4.000, Tiket Parkir Bus : Rp. 15.000,-,Tiket Parkir Mobil : Rp. 5000,-, Tiket Parkir Motor : Rp. 2000,- untuk Jam buka wisata Pantai Samas Yogyakarta Buka setiap hari, mulai pukul : 06.00 – 17.00 WIB.

Akses Menuju Pantai Samas 

Dari pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa menuju Bantul. Di Bantul saat Anda hingga di perempatan Palbapang, Anda bisa lurus ke arah selatan sampai melewati Jalan Samas. Dari sini Anda tinggal ikuti penunjuk jalan untuk hingga ke Pantai Samas.

Source https://gudeg.net https://gudeg.net/direktori/576/pantai-samas-yogyakarta.html
Comments
Loading...