Keindahan Wisata Alam Pantai Sadeng di Gunungkidul

0 138

Pantai Sadeng

Pantai Sadeng merupakan salah satu wisata alam yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta, satu dari sekian banyak jajaran pantai cantik yang ada di Yogyakarta. Hal yang menjadikan Pantai Sadeng berbeda dari pantai lainnya adalah sejarahnya yang unik. Selain menjadi destinasi yang menawarkan suasana pantai yang indah dan mengagumkan, ada sebuah kepercayaan juga bahwa dahulunya pantai ini adalah muara Sungai Bengawan Solo Purba yang mengalir ke arah selatan. Kepercayaan tersebut muncul disertai pula dengan bukti-bukti geogolis yang masih bisa ditemukan hingga saat ini. Dari bukti yang ada tersebut, terlihat bahwa Sungai Bengawan Solo Purba yang mengalir tenang di sebelah utara Jawa pernah bermuara di Pantai Sadeng.

Lokasi Pantai Sadeng  

Pantai Sadeng terletak pada Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi dari pantai ini, wisatawan harus menempuh jarak yang cukup jauh dari pusat Kota Jogja yaitu kurang lebih 83 kilometer. Setidaknya jika kamu ingin mengunjungi pantai ini, maka kamu harus melakukan perjalanan selama 2 jam lebih.

Pantai ini menyimpan daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Jogja. Terdapat berbagai keunikan pada pantai ini yang dapat kamu explore lebih jauh lagi. Seperti jalur Sungai Bengawan Solo pada masa purba, aktivitas para nelayan di pantai, keindahan pasir putih yang menyelimuti bibir pantai, memancing, hingga wisata kuliner.

Keindahan Pantai Sadeng 

Walau tak memiliki panjang pantai yang luas, namun keindahan dari pantai ini tetap saja memikat untuk kamu jadikan sebagai destinasi liburanmu. Di pantai ini kamu akan dimanjakan dengan bersihnya pasir putih, ditemani birunya air laut dengan ombak yang cukup besar. Kamu dapat berenang, bermain air, atau duduk beralaskan pasir putih sambil menikmati hamparan lautan luas. Kamu juga bisa bersantai di atas batu-batu pemecah ombak yang tersusun rapi ditepi pantai. Menikmati pantai di teluk kecil yang masih alami, serasa memiliki pantai pribadi yang cocok sebagai tempat refreshing bersama orang-orang terdekatmu.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng

Untuk memasuki lokasi Pantai Sadeng wisatawan hanya dikenakan biaya Rp. 5.000 per orang untuk wisatawan domestik maupun asing. Untuk menyewa kapal harganya bervariatif mulai dari Rp. 300.000 untuk kapal kecil, hingga Rp 3 juta untuk kapal sedang.

Source https://tempatwisataindonesia.id https://tempatwisataindonesia.id/pantai-sadeng/
Comments
Loading...