Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-NHZXbF.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Wisata Alam Pantai Mbangkoan di Trenggalek

0 157

Pantai Mbangkoan

Pantai Mbangkoan merupakan pantai yang belum lama ini dibuka di wilayah Kabupaten Trenggalek. Ekowisata Pantai Mbangkoan merupakan kawasan wisata pantai yang dikembangkan oleh masyarakat bekerjasama dengan Perhutani. Pantai Mbangko’an terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Jarak dari pusat kota Trenggalek sekitar 57 km ke arah selatan.

Akses Menuju Pantai Mbangkoan

Pantai Karanggongso yang menjadi salah satu wisata unggulan di kabupaten Trenggalek. Dari Pantai Karanggongso ikuti jalan beraspal lurus hingga menemui spanduk bertuliskan “Ekowisata Pantai Mbangko’an“. Dari spanduk tersebut terdapat gang jalan yang terbuat dari semen di sebelah kanan kemudian masuk ke gang jalan tersebut hingga ujung jalan.

Gang jalan tersebut ukurannya cukup sempit dan hanya dapat dilalui kendaraan roda empat. Kendaraan jenis bus belum dapat memasuki gang jalan ini. Bila kendaraan roda empat berpapasan, salah satu diantaranya harus mengalah dan berjalan kebelakang untuk mencari celah untuk menepi. Sementara ini disebelah kiri dan kanan gang jalan masih berupa perkampungan penduduk. Belum ada rencana pelebaran akses jalan yang melewati perkampungan ini.

Fasilitas Pantai Mbangkoan

Area parkir Pantai Mbangkoan cukup teduh karena berada diantara pepohonan kelapa yang lebat. Pengunjung tidak perlu khawatir akan kejatuhan buah kelapa karena setiap hari pengelola telah memanen buah kelapa tersebut. Penataan area parkir sepertinya belum teratur dan masih banyak kendaraan yang parkir terlalu dekat dengan tepi pantai. Hal ini sebagai saran agar pengelola memberikan batasan area parkir yang jelas dan melakukan penataan area parkir lebih baik lagi.

Hasil gambar untuk Keindahan Wisata Alam Pantai Mbangkoan di Trenggalek

Di sekitar area parkir Pantai Mbangkoan terdapat beberapa fasilitas pendukung yang baru saja selesai dibangun yaitu kamar mandi dan wc umum. Keberadannya cukup membantu bagi wisatawan yang ingin berbilas dan berganti pakaian ketika selesai mandi atau bermain air di laut. Selain itu ada beberapa warung yang berdiri berdampingan hingga tepi pantai. Beberapa diantaranya menjual makanan dan minuman serta sebagian yang lainnya menjual beraneka macam cinderamata. Harga yang ditawarkan cukup murah dibandingkan dengan warung-warung di kawasan Pantai Karanggongso.

Keindahan Pantai Mbangkoan

Pemandangan alam Pantai Mbangkoan cukup indah dan tidak kalah dibandingkan dengan Pantai Karanggongso. Posisi pantai yang menghadap ke barat cukup menarik untuk menikmati panorama matahari terbenam. Pasir pantai terasa lembut dan berwarna putih sangat indah layaknya pantai perawan yang jarang terjamah. Bila dibandingkan dengan Pantai Karanggongso, pantai ini terbilang lebih alami dan belum tergerus pembangunan hotel, penginapan, dan villa. Ombak Pantai Mbangko’an tidak terlihat besar karena berada disebuah teluk.

Hasil gambar untuk Keindahan Wisata Alam Pantai Mbangkoan di Trenggalek

Pengunjung diperbolehkan mandi atau berenang di laut dengan pengawasan dari pengelola atau petugas SAR yang berjaga di pinggir pantai. Saat kondisi pantai sedang surut akan terlihat batuan karang dan terumbu karang di dasar laut. Di sekitar pantai ini disediakan persewaan ban karet untuk berenang. Selain itu ada juga persewaan perahu untuk berkeliling kawasan pantai hingga Pantai Karanggongso dengan harga yang dapat ditawar.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/pantai-mbangkoan-trenggalek.html
Comments
Loading...