Keindahan Wisata Alam Pantai Jungwok di Gunungkidul

fotografer Yoga Hanggara
0 190

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok Gunungkidul merupakan salah satu wisata pantai favorit di wilayah timur Gunungkidul selain Pantai Wediombo. Daya tarik utama yang ditawarkan pantai ini adalah pantai pasir putih yang masih alami dan pulau karang kecil yang berada di tepi pantai. Pantai ini mulai ramai dikunjungi saat liburan akhir pekan dan menjadi salah satu wisata pantai alternatif. Pantai Jungwok secara administratif berada di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Jungwok

Lokasi pantai Jungwok terletak sekitar 500-1000 meter di sebelah timur pantai Wediombo dan sebelah barat pantai Greweng. Jika ingin ke pantai ini, sebaiknya Anda membawa kendaraan pribadi karena jalan ke pantai ini cukup sulit ditempuh. Lebih baik menggunakan kendaraan roda dua karena ke dalamnya harus berjalan kaki, tidak bisa dimasuki kendaraan roda empat. Terkadang, jalanannya yang terjal pun akan licin sehabis hujan, jadi lebih baik lagi jika kendaraan roda dua yang Anda gunakan adalah motor trail. Jika ingin menggunakan angkutan umum, dari terminal Giwangan Anda bisa menggunakan jurusan ke Wonosari, lalu ambil yang ke arah Jepitu, dan dari sana Anda harus naik ojek. Namun, ongkos yang harus dikeluarkan lumayan besar, yaitu sekitar Rp. 40.000.

Jalan menuju ke pantai Jungwok ada tiga. Rute tercepat dari kota Yogyakarta menuju pantai Jungwok, jika menggunakan kendaraan pribadi roda empat membutuhkan waktu 2 jam 19 menit, jika menggunakan kendaraan roda dua bisa lebih cepat, dan jika menggunakan angkutan umum bisa lebih lambat. Dari kota Yogyakarta, ambil belokan ke kanan, ke jalan Bausasran dan lurus hingga SMA Negeri 8 Yogyakarta, hingga sampai ke PLN Jogja. Dari sana, terus ikuti jalan Nasional III dan jalan Yogyakarta – Wonosari, lalu masuk ke jalan Kiyai Legi, hingga masuk ke jalan Pantai Selatan dan jalan Wediombo Jungwok. Setelah itu, tidak lama lagi Anda akan sampai ke Pantai Jungwok.

Keindahan Pantai Jungwok

Meskipun untuk bisa sampai ke pantai ini cukup menguras tenaga, namun rasa lelah itu terbayarkan begitu Anda menginjakkan kaki di sana dan melihat pemandangan yang ada. Garis pantai ini melengkung, dan konon katanya, bentuknya yang seperti cekungan inilah yang membuat pantai ini dinamai Jungwok. Meskipun tidak terlalu luas, pantai ini bersih, sepi, tidak memiliki banyak pengunjung yang datang, dan menjadikannya seperti pantai pribadi. Di sekeliling pantai ini terdapat bukit hijau, dan pasir putih kekuningan terlihat membentang di bibir pantai. Ombaknya cukup tenang, dan ada tebing yang mengelilingi, yang menghalangi ombak untuk benar-benar sampai ke tepi.

Pantai ini memiliki tiga aliran sungai air tawar yang seolah membaginya menjadi tiga bagian. Pemandangan khas pantai ini adalah batu karang besar di tengah pantai, yang dinamakan Watu Topi atau Batu Topi, dan sering digunakan penduduk setempat untuk memancing atau memasang perangkap lobster. Namun, karena ombaknya besar di dekat sana, para pengunjung disarankan untuk tidak mendekat ke sana.

Karena suasananya yang tenang, masih alami, dan belum banyak fasilitas, pantai ini sering dijadikan sebagai lokasi camping. Berbondong-bondong orang dalam satu grup sering mendirikan tenda di dekat pantai ini sebelum matahari terbenam. Jika Anda ingin berkemah di sini, sebaiknya Anda membawa bekal sendiri karena belum banyak warung makan yang tersedia. Di tahun 2018 ini, sudah tersedia fasilitas toilet dan kamar mandi. Anda pun bisa membeli kayu bakar untuk membuat api unggun di sana, dan tidak usah sungkan memita bantuan penduduk sekitar jika Anda memerlukan sesuatu.

Source https://www.jejakpiknik.com https://www.jejakpiknik.com/pantai-jungwok/
Comments
Loading...