Keindahan Wisata Alam Pantai Dlodo di Tulungagung

0 106

Pantai Dlodo

Pantai Dlodo merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Desa Dlodo, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung telah menggeser posisi Pantai Coro yang mulanya saya anggap sebagai pantai paling keren di Tulungagung. Keindahan Pantai Dlodo membuat lupa waktu karena tersihir oleh keindahan hamparan pasir luas yang dapat dijelajahi seharian. Pantai Dlodo mulai ramai dikunjungi sejak awal tahun 2017 lalu. Letaknya cukup jauh ke sisi selatan dan harus melalui jalannan yang sulit karena menanjak dengan aspal yang rusak. Lebar jalan juga semakin sempit, namun kendaraan roda dua maupun mobil masih dapat melewatinya.

Pantai Dlodo adalah salah satu pantai yang paling eksotis di Tulungagung. Meskipun namanya memang tidak setenar Kedung Tumpang maupun Pantai Sine, Pantai Dlodo termasuk sebagai pemilik garis pantai yang terpanjang. Bahkan di Pantai Dlodo ini dapat ditemukan adanya gumuk pasir yang tidak akan bisa ditemukan di pantai Tulungagung yang lainnya. Bukan hanya itu, pantai yang satu ini juga terkenal akan ombaknya yang besar dengan ketinggian mencapai 7 meter.

Gumuk Pasir, Atraksi Utama Pantai Dlodo

Meskipun gumuk pasir yang ada di Pantai Dlodo ini ukurannya tidak sebesar yang dapat ditemukan di Pantai Parangkusumo, pasir yang ada di gumuk pasir Pantai Dlodo lebih putih sehingga menjadikan hasil foto terkesan berlatar belakang padang pasir. Untuk melengkapi keindahan gumuk pasir, di Pantai Dlodo juga ada bukit pasir yang sangat kecil berisi bijih besi. Sebagian dari pasir yang berupa bijih besi tersebut sudah ditambang dan hanya menyisakan kubangan-kubangan tambang pasir. Sedangkan sisanya berupa pasir putih yang sedikit bercampur pasir  hitam.

Terbagi menjadi sisi barat dan timur yang terpisahkan oleh sungai, Pantai Dlodo konon termasuk pantai dengan panjang bibir pantai mencapai 2 km. Sehingga menjadikannya yang terpanjang di Tulungagung. Gumuk pasir sendiri berada di sisi barat Pantai Dlodo, untuk mencapai sisi timur pantai harus melewati sungai cukup dengan berjalan kaki.

Source http://segalainfo.com http://segalainfo.com/pantai-dlodo/
Comments
Loading...