Keindahan Wisata Alam Pantai Baron di Gunungkidul

0 149

Pantai Baron

Pantai Baron Gunung Kidul menjadi destinasi wisata alam yang cukup populer, Pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Yogyakarta. Untuk sampai ke pantai ini harus menempuh jarak kira-kira 40 kilometer dari kota Yogyakarta. Mulai dari panorama pantai, air laut yang jernih, hingga hamparan pasir membentang seolah menjadi daya magis yang membuat kawasan Pantai Baron disukai banyak penikmat perjalanan.

Keunikan Pantai Baron

Keunikan Pantai Baron adalah adanya sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai. Uniknya sungai bawah tanah yang ada di salah satu tempat wisata di Yogyakarta tersebut adalah rasa airnya yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. Konon, dengan mengunjungi lokasi pertemuan air tawar dan air laut di Pantai Baron ini, makan dua insan dari status atau golongan yang berbeda dapat bersatu.

Dibanding pantai-pantai lainnya di Jogja, Pantai Baron Gunungkidul termasuk pantai yang paling asri dan alami. Selain berenang dan bermain-main di tepian laut, menikmati panorama pantai yang indah sembari menyantap hidangan kuliner di warung-warung serta restoran yang tak jauh dari pantai adalah kegiatan yang tak kalah menyenangkan. Menu kuliner yang tersedia didominasi oleh hasil laut. Karena di pantai ini banyak nelayan yang mencari ikan di laut maka terdapat tempat pelelangan ikan yang cukup besar. Anda bisa menemukan berbagai macam jenis hewan laut seperti udang, lobster, ikan tongkol, ikan bawal, dan ikan kakap.

Harga Tiket Pantai Baron

Tiket masuk ke Pantai Baron sebesar Rp5.000* per orang, dengan biaya parkir mobil Rp5.000* dan parkir motor Rp2.000*. Pantai Baron  dapat dijangkau sejauh 2 – 2,5 jam dari pusat kota Jogja. Anda bisa pergi ke sana dengan angkutan umum atau kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Jika memutuskan naik transportasi umum, rutenya adalah : Terminal Giwangan Jogjakarta – naik bus jurusan Jogjakarta – Terminal Wonosari (1 – 2 jam dengan ongkos Rp10.000* per orang) – ganti angkutan kota – Pantai Baron (Rp10.000* per orang).

Akses Menuju Pantai Baron

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi dari kota Jogjakarta, Pantai Baron dapat ditempuh melalui Wonosari dengan rute : Jogjakarta – Jalan Wonosari (30 km) – Kota Wonosari – Jalan Baron (20 km) – ikuti papan penunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Baron. Jalur yang melewati Wonosari lebih banyak dipilih karena akses jalan cukup mulus dengan papan penunjuk jalan yang memadai. Akses menuju ke Pantai Baron dari Jogjakarta ke Wonosari sangat menuntut kecakapan Anda dalam berkendara karena jalannya berkelok-kelok dengan tanjakan tajam.

Source https://ksmtour.com/ https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/yogyakarta/pantai-baron-pemandangan-unik-gunung-kidul.html
Comments
Loading...