Keindahan Wisata Alam Kebun Teh Kaligua Brebes Jawa Tengah

0 197

Kebun Teh Kaligua

Kebun Teh Kaligua merupakan sebuah wisata alam dan edukasi yang berada di Desa Pandansari Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah. Ada sebuah perkebunan teh bekas pejajah belanda yang msih berproduksi hingga saat ini. Kebuh Teh Kaligua ini dirintis sejak tahun 1889. Perkebunan teh ini terletak di kaki Gunung Slamet di Desa Pandansari, kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa tengah. Kebun Teh Kaligua adalah tempat wisata yang berada di ketinggian sekitar 1.500 sampai dengan 2.050 m dpl. Dengan suhu antara 8 samapi 28 Celcius. Kebun teh ini merupakan sebuah kebun yang memiliki pemandangan yang sangat asri, hijau dan alami dan tentunya bebas dari polusi. Perkebunan teh kaligua dapat dicapai dalam waktu 30 menit dari Kota Bumiayu dengan menggunakan transpotasi umum.

Rute Menuju Ke Kebun Teh Kaligua

Jika kita ingin berkunjung ke Kebun Teh Kaligua. Rute yang paling mudah adalah dari Purwokerto dengan rute Ajibarang. Kemudian kita meneruskan perjalanan di pertigaan keretek. Sebelum kota Bumiayu, kita berjalan belok ke kanan jalan menanjak namun beraspal hotmix. Sehingga tidak perlu kawatir. Sebelum kita sampai ke perkebunan berhenti di telaga ranjeng. Danau ini adalah anau kecil yang memanjang. Yang berada di bukit 2 ladang kentang milik petani. Di wilayah wisata alam kebun teh kaligua terdapat sebuah telaga yang bernama telaga ranjang. Telaga ini dikenal dengan ribuan ikan lele. Yang akan bergerombol jika pengunjung meleparkan makanan seperti snack atau roti ke telaga. Dari telaga ranjang 3 km lagi adalah perkebunan teh kaligua. Setelah kita bayar retrubusi di pintu gerbang.

Parkir kendaraan kita di tempatkan parkir yang tidak jauh dari gerbang. Kita bisa istirahat sejenak di café atau kalau berombongan bisa menyewa aula untuk makan makan bersama. Setelah itu kita bisa menikmati pemandangan alam sekitar perkebunan teh dengan mengitari kebun teh nan hijau dengan udara yang segar dan sejuk. Setelah selesai berjalan jalan di kebun teh jangan lewatkan untuk singgah di Goa Jepang.

Sejarah Goa Jepang di Kebun Teh Kaligua 

Goa peninggalan jepang ini konon dijadikan tempat persembunyian para perwira Jepang yang berada di bawah bukit kebun teh. Goa ini memiliki panjang kurang lebih sekitar 800 meter. Pengunjung hanya diperbolehkan masuk hanya sekitar 300 meteran. Ketika ramai lampu di dalam lorong ini akan dinyalakan. Tetapi di hari-hari sepi dimatikan dan harus menggunakan lampu senter.

Puncak tertinggi Perkebunan Teh Kaligua adalah puncak sakub dengan ketinggian 2.060 mdpl. Puncak ini Bisa di tempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan roda 4. Bagi kita yang suka off road tentu sangat senang menelusuri jalan bebatu yang menanjak dan berkelok kelok. Dari atas Bukit ini pengunjung bisa melihat hamparan perkebunan teh kaliagua yang luas berpadu dengan kampung penduduk asil yang di sebelah barat dan puncak Gunung Slamet.

Source wisata wikipedia
Comments
Loading...