Keindahan Wisata Alam Hutan Pinus Songgon Banyuwangi

0 205

Hutan Pinus Songgon

Hutan Pinus Songgon  merupakan salah satu wisata alam yang berada tepatnya di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Karena libur pas weekend, saya mensiasati untuk berangkat lebih pagi, karena membayangkan lokasi wisata akan ramai mulai jam 8 ke atas. Apalagi hutan pinus songgon ini memang membuat penasaran banyak kalangan. Rute menuju Hutan Pinus Songgon cukup mudah dijangkau dari mana-mana.

Rute Menuju Hutan Pinus Songgon

Jika kalian berangkat kr hutan pinus songgon dari kota Banyuwangi (arah timur), kalian tinggal mengarahkan kendaraan ke jalan Banyuwangi-Jember – Kota Rogojampi – simpang Kantor Telkom Rogojampi ambil kanan lalu ikuti jalan tersebut hingga sampai Kecamatan Songgon – Pasar Songgon- Pertigaan setelah pasar Songgon ambil ke kiri (arah sragi atau ikuti petunjuk jalan ke rafting kali badeng) – ikuti jalan tersebut sampai pertigaan Patung Pahlawan Kantor Kelurahan Desa Sumberbulu ambil lurus dan tinggal mengikuti petunjuk jalan hutan pinus songgon yang ada di setiap sisi jalan dan persimpangan. Dengan mengikuti papan petunjuk tersebut kalian akan sampai di Hutan Alas Pinus Songgon.

Keindahan Hutan Pinus Songgon 

Hutan Pinus Songgon ini merupakan hutan milik Perhutani yang dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Rimba Ayu yang merupakan LMDH setempat. Awal mulanya hutan pinus ini ditanam dengan sistem tumpang sari dimana masyarakat sekitar diperoleh menanam tanaman semusim bersama dengan pohon pinus dengan tujuan masyarakat juga menjaga dan merawat pinus tersebut hingga tumbuh baik.

Ketika sudah tidak bisa ditumpangsarikan lagi, munculah ide mengelola hutan pinus menjadi kawasan wisata mirip dengan hutan pinus dlingo yang ada di jogja dan hutan pinus yang ada di Bandung (lupa namanya).

Daya Tarik Hutan Pinus Songgon 

Konsepnya menarik, hutan pinus menjadi lokasi wisata menikmati alam dan tempat “selfie”. Kenapa Selfie mungkin karena sekarang sedang eranya selfie dimana-mana. Bahkan mau pipis pun selfie :S. Pengelola membuat beberapa spot selfie yang sudah disediakan pengunjungnya yaitu lampion gantung, Mobil Jeep, Rumah Pohon, payung gantung, beranda pandang, tenda camping dan hammock.

Semua spot memang menjadi incaran para mua-mudi bahkan bapak-ibu pun saya amati juga ikutan berselfie ria. Spot favorit yang menarik perhatian pengunjung yaitu rumah pohon, payung gantung dan beranda pandang. Pada hari libur spot selfie payung gantung cukup ramai, sehingga susah mendapatkan gambar yang diinginkan sedangkan rumah pohon dan beranda pandang cukup mudah karena pengunjung yang naik dibatasi.

Source http://www.catatannobi.com http://www.catatannobi.com/2016/11/hutan-pinus-songgon-banyuwangi.html
Comments
Loading...