Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-Bivbns.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Wisata Alam Hutan Mangrove Pantai Baros Bantul

0 151

Hutan Mangrove Pantai Baros

Hutan Mangrove Pantai Baros merupakan kawasan ekowisata hutan mangrove dan wisata pantai selatan di kabupaten Bantul. Kawasan ini dibangun atas dasar inisiatif dari masyarakat sekitar yang peduli dengan alam khususnya di daerah tepian muara sungai Opak dan Pantai Baros. Perlahan-lahan dilakukan penanaman Pohon Bakau di sekitar kawasan tersebut secara bertahap. Beberapa tahun kemudian, Tanaman Bakau yang ditanam tumbuh dengan lebat dan berhasil membentuk hutan bakau kecil. Kawasan Hutan Mangrove (Bakau) Muara Sungai Opak terletak di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Dusun Baros merupakan kawasan perintis hutan bakau pada salah satu area di muara sungai Opak sehingga kawasan hutan mangrove tersebut sering disebut Kawasan Mangrove Baros.

Lokasi Hutan Mangrove Pantai Baros Bantul berada di sebelah barat muara Sungai Opak dan disebelah timur Pantai Samas. Patokan utama kawasan hutan mangrove dan Pantai Baros adalah nama dusun Baros sebagai dusun yang mengelola sekaligus pemilik lahan kawasan tersebut. Dari kota Yogyakarta ikuti Jalan Parangtritis hingga kilometer 27.

Saat menemui persimpangan lalulintas yang terdapat pos polisi Kretek, pilihkan jalan ke arah kanan menuju ke Pantai Samas dan Pantai Baros. Perjalanan dilanjutkan dengan mengikuti jalan beraspal sempit dan tidak lama kemudian menemukan papan petunjuk arah menuju Hutan Mangrove dan Pantai Baros. Setelah memasuki area dusun Baros dan hingga ujung jalan akhirnya tiba di lokasi.

Di beberapa tepi sungai kecil terdapat beberapa bibit tanaman bakau yang baru saja ditanam tempo hari oleh sekelompok mahasiswa. Kami diberitahu oleh petani yang kebetulan mencari rumput di dekat area hutan mangrove ini. Petani tersebut juga bercerita, hutan mangrove disini sebetulnya sudah ditanam beberapa tahun yang lalu dan hingga sekarang terus dilakukan penanaman tanaman mangrove. Beberapa organisasi dan masyarakat turut serta dalam penanaman untuk menyelamatkan kawasan muara sungai yang terus menerus mengalami abrasi dan pelebaran area muara sungai setiap tahunnya.

Ketika tiba berada di tepi muara sungai Opak, terdapat beberapa puluh are tanaman mangrove yang masih muda dan baru memiliki ketinggian kurang dari setengah meter. Sepertinya beberapa hari atau minggu yang lalu area ini juga telah dilakukan penanaman bibit mangrove. Bila diperhatikan, tanaman mangrove yang ada mampu bertahan hidup. Daunnya tidak mengalami kekeringan padahal ditanam di area tanah yang merupakan endapan lumpur campuran pasir vulkanik dan tanah liat.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/hutan-mangrove-pantai-baros-bantul-dan-muara-sungai-opak.html
Comments
Loading...