Keindahan Wisata Alam Hutan Mangrove Mojo Pemalang

0 242

Hutan Mangrove Mojo

Hutan Mangrove Mojo merupakan salah satu wisata alam hutan mangrove ini berada di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Propinsi Jawa Tengah, tepatnya di ujung kali Comal, aksesnya harus menggunakan kapal menyusuri sungai Comal sejauh kurang lebih 3 km, karena hutan mangrove ini terletak di ujung dari Kota Pemalang atau lebih enaknya pulau kecil yang berada di antara muara kali Comal.

Penggerakan Hutan Mangrove Mojo

Tolani (38 tahun) menjadi sosok pelopor gerakan menyelamatkan muara sungai comal. Gerakan ini berawal dari langkah sederhana pada tahun 1997 Tolani menanam pohon bakau di sekeliling bekas tambak keluarganya di dekat muara comal, dengan niat ingin menandai tambak miliknya supaya tidak hilang tergerus abrasi laut.

Pada tahun 1999, pergerakan ini Tolani diajak bergabung dengan Organization for Industrial Spiritual and Cultural Advancement (OISCA), organisasi internasional yang berpusat di Jepang dengan banyak cabang di dunia. Hingga kini di Mojo telah terbentuk hutan mangrove seluas 72 hektar, keberhasilan dari OISCA mangrove program telah memperoleh ijin pengelolaan dari bupati melalui SK. Nomor 188.4/205.B/Dipertanhut. “Tentang pemberian ijin pengelolaan mangrove pada tanah timbul hasil sedimentasi dari DAS (Daerah Aliran Sungai) Comal di desa Mojo kec. Ulujami”. Kini salah satu sisi muara comal telah menjadi hijau dan mampu melindungi tambak dari gerusan ombak laut.

Luas Hutan Mangrove Mojo

Luas kawasan mangrove di Kabupaten Pemalang, sekitar 2.350 ha. Terdiri dari Hutan Mangrove seluas 410 ha, dan Mangrove di pertambakan 1.940 ha.

Akses Menuju Hutan Hangrove Mojo

Tempat wisata hutan mangrove ini terletak di Desa Mojo. Desa Mojo merupakan salah satu dari 18 desa di wilayah kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, dan merupakan desa yang pernah mendapatkan Sikompak Award pada tahun 2013 tingkat nasional, Desa ini berada di sebelah timur laut dari pusat Ibu Kota Kabupaten Pemalang sejauh 30km. Sedangkan Hutan Mangrovenya berada di ujung utara desa atau lebih tepatnya di pesisir pantai Desa Mojo. Lihat di google maps Hutan Mangrove berada di ujung sungai Comal.
Source wisata info sakiki.com
Comments
Loading...